Serahkan Setiap Urusan Kepada Allah

Sahabat rumah kurma sahara ada orang yang dirinya seringkali diperbudak oleh perasaan. Bisa karena sakit hati, cemburu, marah, tersinggung, dendam, dan lain bentuk-bentuk perasaan negatif lainnya. Orang seperti ini akan berlarut-larut dalam perasaannya yang demikian, merasa selalu harus dikasihani, merasa menjadi orang yang paling dizholimi. Langit baginya kelam, hidup baginya sempit, seolah hidupnya sendiri tanpa ada orang yang peduli kepadanya. Betapa berat hidup orang yang demikian. Continue reading “Serahkan Setiap Urusan Kepada Allah”

Bermuamalah Dengan Akhlaq Mulia

Beliau memerintahkan kita agar bergaul dan bermuamalah dengan manusia berhiaskan akhlak yang mulia.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ

Bergaulah dengan manusia dengan akhlak mulia.

Beliau adalah suri teladan bagi kaum muslimin dan beliaupun sudah mencontohkan kepada kita akhlak beliau yang sangat mulia dalam berbagai kisah sirah beliau. Allah memuji akhlak beliau dalam Al-Quran. Continue reading “Bermuamalah Dengan Akhlaq Mulia”

Bersyukur Itu Menambahkan Rezeki

Hampir semua orang mengharapkan rezekinya bertambah banyak, karirnya bertambah naik, kedudukannya bertambah tinggi, popularitasnya bertambah luas dan lain sebagainya. Sehingga mereka pontang-panting bekerja keras, kepala kaki dan kaki jadi kepala, malah ada yang menyerobot jalan, mengambil jalan pintas tanpa mempertimbangkan halal atau haram yang penting keinginannya tercapai. Continue reading “Bersyukur Itu Menambahkan Rezeki”

Bahagia Dengan Shalat Malam

Kebahagiaan memang menjadi idaman setiap insan. Bagi muslim, kebahagiaan akan sempurna jika dia mendapatkan kebahagiaan di dua alam sekaligus, dunia dan akhirat.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang merasa bahagia. Pada umumnya, seorang manusia akan merasa bahagia ketika dia mendapatkan apa yang diinginkan oleh jiwanya. Seorang anak yang menginginkan kasih sayang orang tua, akan merasa bahagia ketika bersama dengan mereka. Continue reading “Bahagia Dengan Shalat Malam”