Membuktikan Keyakinan Kita Tentang Jaminan Allah

Membuktikan Keyakinan Kita Tentang Jaminan Allah

2016-10-19_5-02-05

Seorang laki-laki yang dikenal sebagai pekerja keras yang giat, melintas di hadapan Rosululloh Shallallahu’alaihi wasallam. dan para sahabat. Kemudian, para sahabat bertanya, “Wahai Rosululloh, andai bekerja seperti yang dilakukan oleh orang itu dapat digolongkan jihad di jalan Allah (fii sabilillah), maka alangkah baiknya.” Lantas Rosululloh Shallallahu’alaihi wasallam. menjawab, “Kalau ia bekerja untuk menghidupi anak-anaknya yang masih kecil, maka itu fi sabilillah; kalau ia bekerja untuk menghidupi kedua orang tuanya yang sudah lanjut usia, maka itu fi sabilillah; kalau ia bekerja untuk kepentingan dirinya sendiri agar tidak meminta-minta, maka itu fi sabilillah.” (HR. Thobroni)

Saudaraku, riwayat ini juga menegaskan kepada kita tentang besarnya nilai menjaga harga diri dan kehormatan kita. Orang yang beriman itu pantang meminta-minta. Orang beriman itu meyakini bahwa rezeki Allah itu pasti ada bagi setiap hamba-Nya. Tinggal bagaimana rezeki itu dijemput dengan cara yang sesuai yang Allah ridhoi. Tidak masalah jikalau kita hidup sederhana. Namun, akan jadi masalah kalau hidup kita terbiasa dengan meminta-minta. Tidak masalah hidup alakadarnya, namun terhormat karena harga dirinya terpelihara.

Menjaga harga diri itu bukan urusan gengsi. Namun, menjaga harga diri adalah ikhtiar kita untuk membuktikan keyakinan kita tentang jaminan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Seekor burung saja yang terbang dari sarangnya di pagi hari, akan pulang ke sarangnya di sore hari dalam keadaan kenyang. Apalagi kita manusia yang Allah ciptakan secara sempurna lengkap dengan akal pikiran. Oleh sebab itulah mengapa Rosululloh Shallallahu’alaihi wasallam. meninggikan nilai orang yang bekerja keras, meskipun pekerjaannya kasar demi menghindarkan dirinya dari meminta-minta, dan Rosululloh Shallallahu’alaihi wasallam. mensejajarkannya dengan jihad fii sabilillah. Allahu akbar!

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

referensi : smstauhiid
Klik Untuk Chat
👋 Hubungi Kami Via Whatsapp, Team Customer Support Online Kami Siap. Tanyakan Apapun Kepada Kami.