Faktor – Faktor Agar Anak Gemar Beribadah

Faktor – Faktor Agar Anak Gemar Beribadah

Apa saja faktor agar kanak gemar beribadah, berikut penjelasannya:

  1. Anak memiliki aqidah yang kuat

Ini adalah motivasi internal pada anak. Jika aqidah anak tertanam dengan baik, orangtua bisa dengan mudah mengarahkan anak untuk beribadah kepada Allah. Anak yang memiliki aqidah Islam yang kuat akan mandiri mengerjakan ibadah semata-mata untuk mengharapkan Ridha Allah.

  1. Peran orang tua sebagai teladan

Jangan harap anak mau rajin sholat jika orang tua tidak rajin sholat. Jangan mimpi anak gemar membaca Al Qur’an jika orang tua tidak mencontohkan membaca Al Quran. Karena anak juga butuh dukungan dari lingkungan keluarga. So, jadilah orang tua teladan. Ingat ya…hadiahnya langsung dari Allah lho… Bukan dari manusia.

  1. Teman anak

Jangan remehkan teman anak. Ada fase pengaruh _peer group_ pengaruh teman lebih kuat dari pada pengaruh orang tua. Ini ketika aturan di peer group lebih “menyenangkan” bagi anak dari pada aturan di orang tua yang dianggap “kaku”. Jadi orang tua senantiasa cek pada anak, siapa saja teman mereka. Jika perlu kenalkan dengan anak teman yang memiliki sifat yang baik.

  1. Sekolah anak

Salah satu faktor yang mempengaruhi anak adalah sekolah. Lebih dasar lagi adalah apa kurikulum yang dipakai sekolah tersebut? Hanya ada 2 macam, yaitu kurikulum Islam atau kurikulum sekuler (memisahkan agama dengan kehidupan). Jika ternyata sekolah anak menerapkan kurikulum sekuler, ini akan mempengaruhi pola pengajaran kepada anak. Misalnya saja masalah menutup aurat, budaya pacaran, mencontek, dll. Jika di sekolah pacaran sudah menjadi budaya, bisa jadi lho anak juga akan ikut pacaran. So, orang tua harus selektif memilihkan sekolah bagi anak-anaknya.

  1. Lingkungan Sekitar rumah

Ini berkaitan dengan penduduk di sekitar rumah. Apakah perilaku mereka baik atau buruk? Perilaku masyarakat yang baik akan berdampak pada aktivitas positif yang dilakukannya. Misalnya, warga sekitar rumah rajin sholat ke masjid. Secara tidak langsung, itu menjadi pembelajaran positif bagi anak-anak untuk rajin sholat ke masjid.

  1. Sistem kehidupan yang diciptakan negara

Teknologi informasi yang berkembang semakin pesat. Adanya gawai menjadikan anak memiliki dunia lain, yaitu dunia maya. Berita bohong, pornografi dan tontonan yang negatif mempengaruhi jiwa dan akal anak-anak. Ditambah lagi sinetron percintaan remaja yang merajai dunia televisi. Narkoba dan pergaulan bebas semakin marak. Jika tidak ada regulasi yang tepat, apa jadinya generasi masa depan anak-anak kita. Apalagi ada kebijakan pendidikan agama Islam dihapus.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Sumber : AAGym
Klik Untuk Chat
👋 Hubungi Kami Via Whatsapp, Team Customer Support Online Kami Siap. Tanyakan Apapun Kepada Kami.