Ramuan Sehat Ala Rasulullah : Kombinasi Kurma yang Lezat

Dewasa ini, dunia medis berkembang begitu cepat. Berbagai inovasi di bidang kedokteran banyak ditemukan seolah memberikan nafas tambahan bagi para pasien penderita suatu penyakit. Berusaha untuk sembuh merupakan suatu ikhtiar yang harus dilakukan oleh setiap penderita, namun bergantung terlalu banyak kepada dokter ataupun inovasi-inovasi alat-alat medis itu tentu adalah sebuah kekeliruan besar yang bisa mengarah pada kesyirikan. Ingatlah, mereka sekedar perantara!

Namun, yang harus kita lakukan saat ini sebagai manusia sehat adalah menjaga diri agar penyakit ganas tidak menyerang tubuh kita, karena menjaga kesehatan adalah sebuah bentuk pengungkapan rasa syukur atas anugerah hidup dan kesehatan yang diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Jika kita melihat tayangan-tayangan iklan di televisi, begitu banyak perusahaan-perusahaan obat-obatan menawarkan berbagai model suplemen penjaga kesehatan dengan iming-iming khasiat instan. Padahal secara umum telah kita ketahui, segala hal yang instant tidak akan bertahan lama, malah bisa saja menimbulkan dampak negative yang berbahaya.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam, manusia mulia yang mana Alquran menggambarkan beliau sebagai ‘Uswatun Hasanah (Teladan Yang baik)’ tentunya masalah kesehatan ini tak luput juga dari perhatian beliau dan salah satu teladan beliau yang dirasa paling mudah dan lezat adalah dengan mengkonsumsi kurma dengan kombinasi bahan makanan lain atau dalam kata lain Resep sehat ala rasulullah dengan kombinasi kurma.

Adalah Ibnu Qayyim Al Jauzi, seorang Ilmuwan klasik yang secara khusus mendedikasikan separuh hidupnya untuk meneliti gaya hidup sehat Ala Rasulullah. Dalam hal ini, beliau menghasilkan salah satu karya yang terkenal yakni, ‘Ath-Thibb –An-Nabawy.’

Dalam beberapa hadits disebutkan bahwasannya Rasulullah seringkali mencampur makanan yang satu dengan makanan yang lain. Ini beliau maksudkan agar efek negative dari salah satu makanan tersebut bisa dinetralkan dengan makanan campurannya itu. Dan kurma, salah satu buah favorit beliau juga tak luput dari kebiasaannya ini.

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengunjungi kami, maka kami hidangkan kepada beliau, keju dan kurma kering, sedangkan beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat menyukai keju dan tamr (kurma kering)” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Ibnu Qayyim tak luput memberikan komentarnya pada kesukaan Rasulullah ini dalam karyanya Ath-Thib-An-Nabawy:

‘Zubdah (keju) dapat berfungsi melunakkan tinja, melemaskan syaraf dan bengkak yang terjadi pada kandung empedu dan juga kerongkongan, berkhasiat juga mengatasi kekeringan yang terjadi. Bila dioleskan pada gusi bayi, berkhasiat sekali mempercepat pertumbuhan gigi. Berguna untuk mengatasi batuk yang timbul karena hawa panas atau hawa dingin, menghilangkan kudis dan kulit kasar. Rasa mual yang terkandung dapat menghilangkan selera makan namun dapat diatasi dengan makanan yang manis-manis, seperti madu dan kurma. Ketika Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengkombinasikan antara kurma dan keju, terdapat hikmah agar kedua jenis makan tersebut saling melengkapi”

Dalam Hadits lain, Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam juga mencampur kurma dengan Mentimun. “Dari Aisyah bahwasanya, Rasulullah sering makan mentimun dicampur dengan kurma basah.” (HR. At-Tirmidzi)

Ibnu Qayyim juga memberikan pendapat bahwasannya, hal ini dilakukan Rasulullah dengan tujuan agar kurma dapat menyeimbangkan rasa dingin pada mentimun yang terkadang berbahaya pada lambung juga sulit dicerna.

Dalam hadits lain, pengalaman siti Aisyah (Istri Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam) membuktikan bahwasannya kombinasi dua makanan ini (Kurma dan Mentimun) memberikan manfaat bagi tubuh khususnya bagi mereka yang merawat tubuhnya agar terlihat lebih ideal.

“Ibuku mengobatiku agar aku kelihatan gemuk, saat dia hendak mempertemukan aku dengan Rasulullah, dan usaha itu tidak membuahkan hasil sehingga aku memakan mentimun dengan kurma basah. Kemudian aku menjadi gemuk dengan bentuk yang ideal.” (HR. Ibnu Majah)

Itulah Resep sehat ala Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam yang lezat dan berkhasiat. Kombinasi Kurma bisa menjadi alternative anda dalam merawat kesehatan tubuh selain obat-obatan yang mahal dan keras. Anda bisa temukan berbagai macam produk kurma dalam toko kami. Kurma meruapakan buah yang berkah apapun jenisnya. Jadi, anda tidak perlu risau untuk memilih mana yang sesuai. Karena perbedaan jenis hanya didasarkan pada daerah asal (origin) juga tekstur dan rasanya. Tentu kurma dari segala kurma yang paling afdhol adalah kurma Ajwa. Karena kurma ini berasal dari surga dan sesuai hadits Nabi, memiliki khasiat istimewa.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Sumber : https://muslimafiyah.com/