Menjadi Pribadi Lebih Baik


Orang yang beruntung adalah orang yang mampu menjadikan hari-harinya lebih baik dari hari sebelumnya. Sebagai muslim, menjadi lebih baik merupakan pencapaian yang harus diraih setiap muslim. Karena orang yang hidunya hari ini lebih baik dari hari kemarin adalah orang yang beruntung. Rasulullah menyatakan,

“Barangsiapa yang keadaannya hari ini kualitas hidupnya lebih baik dari hari kemarin maka dia adalah orang beruntung, sedangkan barangsiapa keadaan hidupnya pada hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia termasuk orang yang rugi dan barangsiapa keadaan hidupnya pada hari ini lebih buruk dari hari kemarin maka orang semacam itu dilaknat oleh Allah”. (HR Bukhari).

Berdasarkan hadist tersebut, menjadi lebih baik harus menjadi prinsip hidup kita, sebagaimana Rasulullah terapkan dalam hidupnya, yaitu “Tiada hari tanpa meningkatkan kualitas hidup”. Lebih baik yang dimaksud mencakup segala hal, mulai dari urusan duniawi hingga urusan akhirat.

Untuk menjadi lebih baik, dibutuhkan semangat positif. KH. Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym mengatakan, sedikitnya, ada dua semangat yang perlu dipelihara agar keseharian kita membawa perubahan lebih baik, yaitu semangat memperbaiki diri dan semangat menuntut ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat.

Dengan menumbuhkan semangat memperbaiki diri, kita akan merasa senang dan berterimakasih kepada siapapun yang menyampaikan saran dan kritik kepada kita. Kita juga tidak sungkan bertanya kepada siapapun mengenai kekurangan kita sehingga dapat cepat diperbaiki. Kita tidak perlu rendah diri atau rugi jika meminta saran kepada orang lain, karena dengan begitu, kita jadi semakin bisa mengevaluasi diri dan memperbaikinya dengan cepat. Ini lebih baik daripada mencari kelemahan orang lain.

Kemudian, tumbuhkan selalu semangat menambah ilmu dan pengetahuan kita, agar wawasan semakin luas dan pengetahuan semakin dalam. Semua ini akan memperbaiki kualitas kita dalam berbicara, semakin arif dan memutuskan dan semakin hijak dalam bertindak. Sediakan waktu, dana dan energi khusus untuk meningkatkan dan menambah ilmu.

Adanya dua semangat ini, akan mendorong kita untuk mengerjakan sesuatu dengan persiapan dan perencanaan yang matang dan bertanggung jawab. Membuat lingkungan kerja “tertulari” semangat kerja yang luar biasa, etos kerja yang positif dan semuanya kita kerjakan dengan keikhlasan dan kejujuran, sebagai salah satu bentuk ibadah kita.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar perilaku kita lebih baik:

1. Jangan berbohong atau terpancing untuk menambah omongan sehingga menjadi dusta walau dalam gurauan sekalipun. Tanyakan kepada hati nurani, apakah kalimat yang disampaikan bisa dipertanggungjawabkan. Sampaikanlah hanya yang kita yakini kebenarannya. Jangan pernah takut dianggap bodoh karena tak sanggup menjawab. Biasakanlah berkata apa adanya, tentu saja pada saat dan kondisi yang tepat serta dibutuhkan
2. Jangan mudah membuat janji; Pastikan setiap janji yang diucapkan sudah diperhitungkan matang-matang bisa dipenuhi. Berusahalah keraslah untuk memenuhi janji walaupun harus berkorban banyak hal, karena kerugian tak menepati janji jauh lebih merugikan.
3. Tepat waktulah dalam segala hal. Jangan terlambat atau menunda-nunda atau mengakhirkan, padahal banyak kesempatan. Bermain-main masalah waktu akan sangat metontokkan kredibilitas.

Mudah-mudahan, Allah senantiasa memudahkan dan memampukan kita menjadi pribadi muslim yang senantiasa lebih baik dan dapat membawa perubahan positif bagi lingkungan kita. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Referensi : https://www.syaamilquran.com/