Membuka Jalan Pertolongan Allah


“…Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS At Thalaaq: 2-3)

Setiap manusia memiliki masalah. Beragam masalah dihadapi manusia, baik bersifat pribadi, keluarga, maupun sosial. Begitupun penyelesaiannya. Ada banyak cara yang bisa ditempuh manusia untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Untuk memudahkan penyelesaian masalah, pertolongan Allah sangatlah membantu. Seberat apapun masalah yang kita hadapi, akan menjadi ringan jika Allah menolong.

Lantas, bagaimanakah caranya supaya kita mendapatkan pertolongan Allah? Merujuk kepada ayat yang disampaikan di atas, kunci pembuka pertolongan Allah adalah ketakwaan kita. Semakin bertakwa, semakin terbuka pintui-pintu pertolongan Allah. Sebaliknya, semakin ingkar kita, semakin tertutup pintu-pintu pertolongan Allah.

Imam Ibnu Adta’ilah menegaskan pesan takwa ini dengan menyatakan:

“Jangan menuntut Allah karena terlambatnya permintaan yang telah engkau panjatkan kepada-Nya. Namun, hendaknya engkau koreksi dirimu, tuntut dirimu agar tidak terlambat melaksanakan kewajiban-kewajiban terhadap Tuhanmu.”

Untuk mendapatkan pertolongan dari Allah Swt ada beberapa amalan dasar yang bisa kita lakukan untuk membuka kunci datangnya pertolongan Allah. KH. Abdullah Gymnastiar menyampaikan amalan-amalan tersebut sebagai berikut:

1. Mencintai masjid. Masjid merupakan tempat yang paling dicintai Allah di bumi ini. Pertolongan Allah akan datang kepada siapapun yang cinta dan gemar memakmurkan masjid. Pastikan shalat wajib selalu dilaksanakan di masjid. Lebih utamanya dilaksanakan tepat waktu dan berjamaah. Agendakan untuk menghadiri majelis-majelis zikir di masjid, serta menyisihan sebagian rezeki untuk memakmurkan masjid.
2. Tahajjud. Sepertiga malam adalah waktu yang sangat dicintai Allah. Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa pada malam tersebut, Allah Swt turun ke bumi dan mengabulkan setiap doa yang dipanjatkan hamba-hambanya. Tiada satupun shalat sunnah yang begitu diperhatikan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam. selain shalat tahajud. Sangat rugi orang yang menyia-nyaiakan waktu sepertiga malam terakhir. Sebab, ia telah menyia-nyiakan datangnya pertolongan Allah.
3. Sedekah. Amalan ini sungguh luar biasa. Dengan bersedekah, rezeki akan tambah melimpah dan berkah. Urusan menjadi mudah. Kia pun terhindar dari musibah. Jaminan dari Allah demikian pasti kepada ahli sedekah. Maka, jangan sia-siakan kesempatan bersedekah. Pastikan tiada hari tanpa sedekah. Awali hari-hari kita dengan bersedekah.
4. Bantu orang lain. Sesungguhnya Allah akan menolong orang-orang yang gemar menolong saudaranya. Dengan memudahkan urusan orang lain, niscaya Allah akan memudahkan urusan kita. Pokoknya, tiada hari tanpa menolong orang lain dan jangan pilih-pilih dalam menolong.
5. Banyak bershalawat kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam. Rasul adalah manusia paling dicintai Allah Swt. Karena itu, cinta Allah akan kita dapatkan saat kita mencintai hamba yang paling dicintainya. Bila Allah sudah cinta, pertolongan-Nya akan terbuka bagi kita.

Al Quran akan selalu memberikan jalan keluar dari berbagai persoalan yang kita hadapi. Semakin sering berinteraksi dengan Al Quran, semakin banyak persoalan yang dapat kita selesaikan. Karena itu, Ayo ngaji tiap hari!
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Referensi : https://www.syaamilquran.com/