Tidak Berkeluh Kesah

Sahabat rumah kurma sahara, Keluh kesah tidak menyelesaikan masalah. Ungkapan-ungkapan seperti itu menunjukkan ketidaksabaran kita. Belum lagi jika tiba-tiba ada kendaraan lain berhenti seenaknya yang membuat kita marah-marah dan membentaknya.

Daripada marah dan membentak, akan lebih baik jika kita menyapa dengan baik, “Maaf, Pak! Boleh agak ke pinggir sedikit?!” Ungkapan seperti ini akan lebih ringan dan produktif, daripada melotot apalagi menggunakan otot.

Kedongkolan memancing keluh kesah dan jika sudah terlalu sering, bisa membuat diri jadi emosional. Ini sangat merugikan, baik bagi kita maupun orang lain. Padahal jika kita jeli, waktu-waktu yang tersita karena macet seperti itu bisa jadi kesempatan untuk menambah ilmu. Misalnya, bisa dimanfaatkan untuk memutar rekaman ceramah atau muratal Al Quran.

Tentu hal seperti ini akan lebih produktif dan membuat perjalanan kita berkah. Daripada berkeluh kesah dan mengumpati keadaan, akan lebih baik jika kita isi dengan doa, “Ya Allah, semoga saya datang tepat waktu, semoga ada jalan keluar dari kemacetan ini”.

Marilah kita meminimalisir berkeluh kesah. Mari kita latih diri untuk bisa merespon keadaan dan menghadapi orang lain secara santun. Kesantunan akan membuat batin lebih lapang. Kesantunan akan mampu menaklukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan dengan kekerasan.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

referensi : aagym