Satu-Satunya Tempat Bergantung Hanyalah Allah

Dimanapun kita berada, kapanpun kita berada, sesungguhnya Allah pasti memperhatikan kita. Dimanapun kita berada, kapanpun kita berada, sesungguhnya ada malaikat yang mencatat setiap ucapan dan amal perbuatan kita.

Allah dan malaikat-Nya memang ghoib, kita tidak bisa melihatnya. Akan tetapi, jikalau seseorang memiliki iman yang kuat, walaupun Allah dan malaikat tidak nampak pada pandangan matanya, namun ia yakin bahwa ia selalu ada dalam pengawasan-Nya. Ia meyakini itu seolah ia sedang melihat Allah secara langsung. Rosululloh Shallallahu’alaihi wasallam. menerangkan hal ini sebagai konsep ihsan.

Ketika malaikat Jibril AlaihiSalam bertanya kepada Rosululloh Shallallahu’alaihi wasallam. mengenai ihsan, maka beliau Shallallahu’alaihi wasallam. bersabda, “Hendaklah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat–Nya. Kalaupun engkau tidak melihat–Nya, sesungguhnya Dia melihatmu.” (HR. Muslim)
Semakin kuat iman seseorang, maka semakin mudah ia untuk selalu ingat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sebaliknya, semakin lemah imannya, maka akan semakin jauh dia dari mengingat Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kita perlu mengukur kadar keimanan kita. Mengukurnya bukan dengan pengakuan lisan, tapi dengan kejujuran hati.

Ada orang yang ingat kepada Allah hanya ketika ditanya saja. Jika tidak ditanya, maka dia lupa. Semakin seseorang ingat terus kepada Allah, dalam setiap keadaan, maka itu tanda iman yang bagus. Semakin imannya bagus, yakin kepada Allah, maka dunia ini baginya semakin tidak menarik. Mengapa? Karena yang menarik baginya hanyalah Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Semakin imannya bagus, maka semakin tidak tertarik ia untuk bergantung kepada makhluk. Mengapa? Karena satu-satunya tempat bergantung baginya hanyalah Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

referensi : aagym