Tidak Mau Berdo’a Kepada Allah Ciri Orang Yang Sombong

berdoa kepada Allah adalah bukti bahwa kita benar-benar membutuhkan-Nya dan bergantung hanya kepada-Nya. Karena apalah arti kita ini jika tidak ada pertolongan-Nya. Berdoa adalah bentuk ibadah. Seseorang yang tidak mau berdoa kepada Allah, artinya ia telah bersikap sombong, seolah segalanya bisa selesai di tangannya sendiri.Oleh karena itu, berdoalah. Memohonlah kepada Allah dengan bahasa apa saja yang kita mampu, karena sesungguhnya setiap bahasa adalah ciptaan Alloh. Namun, jika kita mampu berdoa dengan bahasa Al Quran, yaitu bahasa Arab, maka itu lebih utama karena ia merupakan bahasa kalam Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam. Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam. bersabda, “Sesungguhnya Allah Maha Pemalu dan Maha Pemurah. Allah malu jika ada hamba-Nya yang menengadahkan tangan (memohon kepada-Nya) lalu Dia mengembalikannya dalam keadaan kosong dan hampa.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi)

Mungkin, ada sebagian orang yang mengeluh karena merasa doanya tidak juga dikabulkan. Percayalah, sesungguhnya tidak demikian. Karena banyak cara Allah memenuhi kebutuhan kita. Memang tidak setiap keinginan kita bisa terpenuhi, karena apa jadinya dunia ini jika setiap keinginan manusia terpenuhi. Akan tetapi, tentang kebutuhan manusia, Allah-lah yang paling mengerti. Inilah yang seringkali luput dari ingatan manusia sehingga manusia hanya fokus pada keinginan yang belum terpenuhi dan lupa pada kebutuhan yang selama ini terus terpenuhi, sehingga lupa pula mensyukurinya.

Rasululloh Shallallahu’alaihi wasallam. bersabda, “Tiada seorang berdoa kepada Allah dengan suatu doa, kecuali dikabulkan–Nya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabul baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa.” (HR. Thabrani)

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat rumah kurma sahara

referensi : aagym