Masalah Hidup Juga Merupakan Karunia

Yang perlu terus kita sadari adalah bahwa persoalan yang sebenarnya bukan terletak pada persoalan itu sendiri, tapi pada cara menyikasi persoalan. Contohnya adalah ketika ujian sekolah, yang membuat kita tidak lulus ujian itu bukanlah soal-soal ujiannya melainkan jika salah jawabannya. Apakah ujian ini berbahaya? Sama sekali tidak, karena ujian adalah jalan menuju peningkatan kualitas diri menuju level yang lebih tinggi.

Demikian pula dengan persoalan atau ujian dalam hidup ini. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir akan datangnya persoalan dalam hidup, tapi khawatirlah jika salah menyikapinya. Karena jika benar menyikapinya, maka derajat kita akan naik lebih tinggi. Sedangkan jika salah menyikapinya, maka derajat kita akan stagnan, bahkan bisa jatuh lebih rendah.

Allah Shallallahu’alaihi wasallam. berfirman, “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan Sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS. Al Ankabut [29] : 2-3)

Dalam ayat ini Allah Shallallahu’alaihi wasallam. mengingatkan kepada kita bahwa persoalan hidup adalah keniscayaan. Dan bagi orang yang beriman, persoalan hidup akan datang sebagai jalan untuk memperkuat keyakinan kepada kekuasaan Allah Shallallahu’alaihi wasallam. Jika kita membaca sejarah orang-orang yang beriman terdahulu, sejarah nabi Shallallahu’alaihi wasallam. dan para sahabat, maka persoalan yang kita hadapi saat ini tidaklah seberapa. Namun, seberat apapun persoalan yang dihadapi oleh mereka, maka akan semakin kuat keyakinan mereka kepada Allah Shallallahu’alaihi wasallam. Dan, benar saja, kemenangan sejati kaum muslimin ternyata bisa diraih dengan sikap mujahadah, penuh perjuangan, kesabaran menghadapi persoalan hidup.

Maka, hikmah yang bisa kita petik adalah bahwa persoalan hidup mesti kita pandang sebagai karunia dari Allah, sebagai jalan untuk makin dekat dengan-Nya. Sehingga kita bisa menyikapinya dengan sikap-sikap yang disukai oleh Allah Shallallahu’alaihi wasallam. Dengan demikian, persoalan hidup yang dalam pandangan manusia adalah sesuatu yang memberatkan, justru bisa berbuah keadaan yang meringankan dan membahagiaan.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

referensi : aagym