4 Hal yang Membuat Manusia Tidak Akan Rugi

2016-12-24_6-32-26

Sebenarnya apa untung dan rugi itu? Biasanya kita merasa rugi kalau ada sesuatu yang terjadi tidak sesuai dengan keinginan kita. Ada satu surat pendek di dalam Al Quran yang menurut Imam Syafii jika kita baca maka ini sudah mencukupi untuk hidup tidak rugi. Surat tersebut adalah surat Al ‘Ashri.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala. berfirman, “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan saling mewasiati supaya mentaati kebenaran dan saling mewasiati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al ‘Ashr [103] : 1-3)

Dalam sebuah keterangan yang diriwayatkan oleh Imam Thobroni disebutkan bahwa dahulu para sahabat Nabi Shallallahu’alaihi wasallam. jikalau mereka hendak berpisah dari suatu pertemuan, maka sebelum berpisah salah satu dari mereka akan membaca surat Al ‘Ashr ini.

Dalam ayat ini Allah Subhanahu Wa Ta’ala. menyampaikan empat hal yang jika kita miliki empat hal ini maka kita tidak akan rugi. Pertama, adalah keimanan. Kedua, adalah amal sholeh. Ketiga, wasiat kebenaran. Dan keempat, wasiat kesabaran.

Imam Ibnu Qoyyim menerangkan ayat ini bahwa orang yang tidak akan rugi itu adalah orang yang memahami kebenaran sehingga ia beriman. Kemudian, orang yang mengamalkan kebenaran. Kemudian, orang yang mendakwahkan kebenaran. Dan yang terakhir adalah orang yang bersabar ketika dia sedang memahami, mengamalkan dan menyampaikan.

Maka, untung rugi itu bukanlah diukur secara materi saja. Untung rugi dalam hal materi adalah urusan yang sangat kecil dalam kehidupan ini. Kerugian yang besar adalah jikalau kita tidak memiliki keimanan, tidak beramal sholeh, tidak mau menyampaikan kebenaran dan tidak mau bersabar. Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang merugi. Semoga Allah senantiasa membimbing kita sehingga kita menjadi orang yang beruntung di dunia dan akhirat.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

referensi : aagym