Selalu Bersyukur Kepada Allah


Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya, jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (Q.S.Ibrahim, 14:7)

Allah menyamakan penambahan nikmat dengan perilaku syukur (rasa terima-kasih). Penambahan karunia-Nya adalah tanpa batas, seperti halnya rasa syukur kepada-Nya yang tidak berakhir. Allah menegaskan dalam Al-Quran pahala bagi insan-insan yang bersyukur, Dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur (Q.S Ali Imran, 3 : 144); Dan kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersykur (Q.S Ali Imran, 3:145).

Umar bin Abdul Aziz menuturkan, “ikatlah nikmat-nikmat Allah yang telah dikaruniakan kepadamu dengan rasa terima kasih kepada-Nya. Sesungguhnya, perilaku syukur adalah simpul pengikat nikmat yang kukuh dan kunci utama penambahan nikmat-Nya.”

Sufyan Tsauri menguraikan arti firman Allah, Nanti, kami akan menarik mereka dengan berangsur-angsur (ke arah kebinasaan) dari arah yang tidak mereka ketahui (QS. Al Qalam, 68 : 44). Ia menjelaskan bahwa nikmat yang ada di tangan para hamba, pelan tapi pasti, akan lenyap jika tidak dibentengi dengan perilaku syukur. Nikmat yang tidak dibungkus rasa syukur akan menimbulkan niqmah (bencana). Sufyan juga berujar bahwa setiap tindak kemaksiatan yang dilakukan seorang hamba akan mengurangi nikmat Allah yang telah ditulis bagi hamba tersebut. Sebaliknya, setiap perilaku ketaatan yang dilakukan seseorang hamba akan berbuah tambahan nikmat-Nya untuk insan yang taat tersebut.

Sesungguhnya, separuh iman itu adalah sabar dan separuhnya lagi adalah rasa syukur. Rasa syukur terlihat dalam wujud perilaku hati, lisan, organ, dan gerak tubuh secara menyeluruh. Rasa syukur terucap secara lisan dan terpatrikan dalam qalbu. Ungkapan puji kepada Allah adalah wujud lahir kesyukuran. Oleh karena itu, peliharalah nikmat Allah dengan banteng ketaatan, kebaktian dan kepatuhan kepada Allah kapan pun dan dimana pun berada.

Jika mendapatkan karunia, bersujudlah untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah atas karunia-Nya yang diberikan. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Sumber : www.arrisalah.net