10 Keutamaan Membaca dan Menghafalkan Alquran

KEUTAMAAN MEMBACA ALQURAN. Bagi seorang muslim, kitab suci Alquran yang dibawa oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam merupakan pegangan dan pedoman utama dalam menjalani kehidupan di dunia yang hanya sementara ini. Ketahuilah bahwa alam semesta tempat kita tinggal dan hidup yang sangatlah luas ini, baik dunia maupun alam seisinya, terangkum semua rahasianya dalam 30 juz Alquran. Pertanyaannya apakah Kita sebagai umat Islam, pengikut Muhammad Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam telah memahami dan mempelajari Alquran, sebagaimana amanah dari junjungan kita tersebut ? Sudahkah kita mengetahui bagaimana Allah memberikan ganjaran dan keutamaan membaca Al quran yang sangat luarbiasa bagi umat-Nya ?

Sebelum kita mengkaji lebih jauh, mari kita cek dahulu sudahkah kita membaca Alquran hari ini ? Sudah berapa ayat yang Kita baca hari ini ? Atau barangkali Kita lupa ? Atau sengaja mengabaikannya ? Bagaimana dapat mempelajarinya, jika membaca Alquran saja kita masih terbata-bata. Bagaimana tidak terbata-bata kalau untuk membaca kitab suci Alquran itu hanya dilakukan sesempat waktu yang kita punya ? Atau bahkan lupa dan melupakannya ? Astaghfirullah…… sungguh merugi orang yang melupakan dan jauh dari lantunan ayat Alquran. Padahal rahasia alam semesta, rahasia kehidupan dan pedoman utama kita untuk mempersiapkan kehidupan yang kekal kelak ada semua pada ayat-ayat Alquran ?

Sungguh Maha Pengasih dan Maha Penyayang Allah Subhanahu Wa Ta’ala kepada hamba-hambanya, dengan keterbatasan yang kita lakukanpun Allah Subhanahu Wa Ta’ala masih memberikan penghargaan-Nya bagi hambanya yang tersendat-sendat / terbata-bata membaca Alquran, sebagaimana hadist Rasulullah yang disampaikan oleh Aisyah ra, tentang keutamaan membaca Al Quran, ““Orang yang mahir membaca Al-Qur’an kelak (mendapat tempat disurga) bersama para utusan yang mulia lagi baik. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dan masih terbata-bata, dan merasa berat dan susah, maka dia mendapatkan dua pahala.”. Oleh karenanya jangan mengaku umat Islam jika tidak pernah meluangkan waktu kita untuk membaca Alquran, kemudian dilanjutkan dengan menghafalkan Alquran dan akhirnya mempelajarinya.

Banyak sekali keutamaan membaca Al Quran yang Allah berikan kepada kita dan patut kita amalkan. Berikut 10 keutamaan membaca Al Quran yang Kita peroleh sebagai balasan atas kebiasaan dan amalan kita untuk membaca Alquran :

    • Menjadi Syafaat pada Hari Kiamat. Abu Umamah ra berkata, “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, ‘Bacalah Al-Qur`an sebab Al-Qur`an akan datang pada hari kiamat sebagai sesuatu yang dapat memberikan syafaat (pertolongan) kepada orang keutamaan orang yang mempunyainya.’” (HR Muslim).
    • Sebaik-baik manusia yang mempelajari dan mengajarkan alquran

Sabda Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam: “Sebaik-baik kalian adalah siapa yang mempelajari al-Qur’an dan mengamalkannya.” (HR. Bukhari)

Umar bin Khattab ra berkata bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur`an), dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR Muslim).

Dari Anas ra, bahwasannya Rasululah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Para pembaca Alquran itu adalah orang-orang yang arif diantara para penghuni surga”

    • Mendapat ketenangan dan rahmat dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Abu Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur`an dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka pada makhluk yang ada di dekat-Nya.” (HR Muslim).
    • Mendapat Shalawat dan Doa dari Malaikat. Sa’ad bin Abi Waqas berkata, “Apabila Al-Qur`an dikhatamkan bertepatan pada permulaan malam, maka malaikat akan bershalawat (berdoa) untuknya hingga subuh. Dan apabila khatam quran bertepatan pada akhir malam, maka malaikat akan bershalawat dan berdoa untuknya hingga sore hari.” (HR Ad-Darimi).
    • Khatam Membaca Alquran Merupakan Amalan yang Paling Dicintai Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Ibnu Abbas ra berkata bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Qur`an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai, ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR Tirmidzi).
    • Pahala berlipat Ganda.

Sabda Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi).

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS Faathir 35:29-30)

    • Pahala Bagi Orang Tua yang Anaknya Membaca Alquran. “Siapa saja membaca al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, ‘bagaimana dipakaikan kepda kami semuanya itu?’ Dijawab, ‘karena anakmu telah membawa al-Qur’an”. (HR. Al-Hakim).
    • Pahala Bagi Orang yang Berkumpul Untuk Membaca dan Mengkaji Alquran. Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Tidak berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah Subhanahu Wa Ta’ala, sedang mereka membaca kitab-Nya dan mengkajinya, melainkan mereka akan dilimpahi ketenangan, dicurahi rahmat, diliputi para malaikat, dan disanjungi oleh Allah di hadapan para makhluk dan di sisi-Nya.” (HR. Abu Dawud).
    • Cahaya di Hari Kiamat dan di Tengah Kegelapan.

Sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam,”Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Al Qur’an sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari maka bacalah dengan sungguh-sungguh.” (HR. Baihaqi)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra yang maksudnya: “Bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Siapa yang mendengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta’ala (al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahanya di hari kiamat.”

    • Orang yang membaca Al Quran secara terang-terangan seperti bersedekah secara terang-terangan. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Orang yang membaca Al-Qur’an terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, orang yang membaca Al-Qur’an secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara sembunyi.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i, lihat shahihul jaami’:3105).

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Referensi : https://muslim.or.id/8669-keutamaan-membaca-al-quran.html