Rezeki Itu Mencari Pemiliknya

2016-03-10_8-37-50Sesungguhnya rezeki itu mencari seorang hamba lebih kerap daripada apa yang dicari oleh ajalnya,” (Riwayat Thabrani melalui Abu Daud).

Sungguh luar biasa Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjamin hamba-hambaNya di alam semesta ini. Dalam hadist ini jelas, rezeki pasti datang lebih banyak ketimbang maut yang datang hanya sekali. kita harus aktif menjemput rezeki, yang dijanjikan Allah bisa datang dari mana saja, yang tidak kita sangka.

Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (Q.S At Thalaaq : 3)

Inilah hikmah bahwa “rezeki” tidak bisa dilihat dengan mata, utamanya agar kita selalu bersyukur, selalu berikhtiar dan selalu ingat bahwa di antara rezeki kita ada bagian atau hak orang lain. Sejatinya, rezeki itu ada pintunya di langit. Diriwayatkan dari Anas bin Malik r.a., bahwa Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

“Seorang hamba memiliki dua pintu di langit. Pintu yang menjadi keluarnya rezeki dan pintu yang menjadi masuknya amal dan perkataan baiknya. Jika ia meninggal dunia, dua pintu langit itu akan merasa kehilangan dan akan menangisinya.” Kemudian Shallallahu’alaihi wasallam membaca ayat, ‘Maka langit dan bumi tidak menangisi mereka.’ Disebutkan demikian, kerana mereka tidak memiliki amal soleh di atas muka bumi yang membuat bumi menangisi kematian mereka (Fir’aun dan bala tentaranya). Dan mereka juga tidak memiliki amalan dan perkataan yang baik, yang naik ke langit sehingga langit itu tidak merasa kehilangan dan tidak pula menangisi mereka”,.” (Riwayat Abu Ya’la dan At-Tirmidzi).

Marilah kita perbanyak doa dan salat dhuha agar kita bisa selalu berkomunikasi dengan “sang rezeki”, agar pintu rezeki di langit mudah dibukakan kepada kita. Doa dan Dhuha akan mempermudah “rezeki mencari kita”. Agar rezeki tak kesulitan mencari kita, apalagi sampai pintu rezeki menangis. Bisa jadi selama ini pintu rezeki selalu melihat kita, sementara kita tak melihatnya.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086