Keberkahan Menengok Orang Sakit


“Tidaklah bagi seorang muslim pun yang menengok saudaranya yang sakit melainkan Allah mengutus baginya 70.000 malaikat agar mendoakannya kapan pun pada siang hingga sore harinya, dan kapan pun pada sore hari hingga pagi harinya.” (HR Ahmad).

Syaikh Ahmad Abdurrahman Al Banna menjelaskan bahwa shalawat malaikat bagi anak Adam ialah dengan mendoakan agar mereka diberi rahmat dan maghfirah. Sementara itu, yang dimaksud dengan “kapan pun pada siang hari” adalah waktu dia menjenguk. Jika dia menjenguknya pada siang hari, malaikat mendoakannya hingga sore hari; dan apabila dia menjenguknya pada malam hari, malaikat mendoakannya hingga pagi. Oleh karena itu, orang yang berniat menjenguk hendaknya berangkat sepagi mungkin pada awal siang atau bersegera begitu malam menjelang, agar semakin banyak didoakan malaikat.

Kapan pun kita menengok saudara kita yang sakit, entah itu siang, sore, atau pun malam, Allah Swt. tetap mencatatnya sebagai amal kebaikan selama kita ikhlas melakukannya. Realitas di masyarakat kerap memperlihatkan aneka kebaikan yang diperoleh seseorang yang menyengajakan diri menjenguk saudaranya yang sakit. Boleh jadi, kebaikan itu tidak dia sadari.

Dengan melakukan amal saleh ini, minimal Allah Swt. memberikan ketenangan di dalam hatinya dan membebaskan dia dari takdir buruk yang akan menimpanya. Kalaupun ada kejadian-kejadian luar biasa yang menimpa seseorang yang menjenguk saudaranya, tentu saja itu terjadi karena kekuasaan Allah yang mendatangkan kebaikan bagi yang bersangkutan. Saya akan kutipkan beberapa kisah yang mudah-mudahan dapat memotivasi kita untuk mengikuti salah satu sunah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam. ini.
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Sumber : https://muslim.or.id/