Tips Agar Mudah Bersedekah pada Pagi Hari


Keutamaan sedekah sangatlah istimewa. Allah akan memberikan banyak sekali kemulyaan bagi ahli sedekah. Namun masih jarang orang melakukan sedekah, terutama di pagi hari.

“Tidak satu hari pun dari pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali dua malaikat turun kepadanya. Salah satu di antara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak’. Yang lainnya berkata, ‘Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit’.” (HR Bukhari Muslim)

Berikut, beberapa tips agar kita mudah dan lebih bersemangat untuk melakukan sedekah di pagi hari :

1. Bukan banyaknya jumlah sedekah yang penting, melainkan kontinuitasnya. Lebih baik bersedekah sedikit akan tetapi kontinu atau terus menerus daripada bersedekah dalam jumlah besar akan tetapi sangat jarang.
2. Sangat baik memahami keutamaan bersedekah pada pagi hari: apa keuntungan jika kita istikamah melakukannya dan apa pula kerugian jika kita istikamah melalaikannya.
3.Berdoa kepada Allah Swt. agar kita digolongkan sebagai ahli sedekah yang ikhlas akan semakin menguatkan kita mampu berinfak pada pagi hari.
4. Kencleng, celengan, atau apa pun yang dapat dijadikan sebagai tempat penyimpanan uang, lalu disimpan di tempat yang pasti terlihat sehingga akan mengingatkan kita untuk dapat mengisinya setiap pagi adalah sarana yang cukup efektif.
5. Menyiapkan uang setiap kali pergi ke masjid untuk shalat Subuh akan menjadi kebiasaan baik sehingga kita senantiasa bisa mengisi kencleng yang ada di masjid.
6. Kata-kata motivasi di kamar, komputer, ruang kerja, pintu, atau tempat-tempat yang sering kita lihat tentang keutamaan bersedekah pada pagi hari akan dapat menyemangati kita untuk terus berinfak.
7. Mengajak dan mengondisikan anak, istri, dan keluarga kita untuk menjadikan sedekah pada pagi hari akan memnumbuhkan perlombaan kebaikan dan sebagai kebiasaan harian dalam berinfak.
8. Menyiapkan daftar orang untuk dibantu juga akan menuntut kita untuk senantiasa bersedekah.

“Shalat itu mengantarmu setengah jalan, puasa itu mengantarmu ke pintu kerajaan, dan sedekah itu membawamu masuk ke dalamnya.” Sahal bin Abdullah Al Tustary.
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Sumber : AAGym