Menjadi Manusia yang Beruntung


Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih serta nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat-menasihati supaya menaati kesabaran. (Q.S. Al Ashr ; 1-3)

Allah bersumpah dengan masa dan hak Allah. Bersumpah dengan apa yang dikehendaki-Nya sebab semua yang selain-Nya adalah makhluk-Nya. Para ahli tafsir menyatakan bahwa jika Allah, bersumpah dengan sesuatu, sesuatu itu memiliki nilai yang sangat penting dan strategis.

Dalam ayat tersebut. Allah swt bersumpah dengan masa. Masa adalah waktu dan waktu adalah kehidupan. Kehidupan manusia adalah usia yang dijalaninya sejak lahir hingga kembali kepada Pencipta.

Waktu adalah modal yang diberikan Allah kepada manusia, Namun kebanyakan manusia tidak pandai mengelola waktu. Akhirnya, mereka mendapatkan kerugian. “Sesungguhnya, manusia itu benar-benar berada dalam kerugian.”

Manusia yang tidak mengalami kerugian adalah mereka yang menggunakan waktu untuk beriman, beramal shalih, dan bersabar dalam menjalankan keimanan, amal shalih, mengajak orang lain agar beriman dan beramal shalih dan bersabar dalam menjalankan keimanan, amal shalih, serta berjuang dalam menegakkannya.

Mereka beruntung karena modal usia yang dianugerahkan Allah benar-benar digunakan untuk investasi abadi. Mereka beruntung karena waktu yang disediakan Allah dihabiskan untuk membeli keberuntungan besar “ Fauzun Azhim” sebagaimana diesbutkan Allah dalam firman-Nya.

Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam syurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam syurga Adn. Itulah keberuntungan yang besar. Dan (ada lagi) karunia yang lain yang kamu sukai (yaitu) pertolongan dari Allah dan kemenangan yang dekat (waktunya). Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman (Q.S Ash Shaff, 61 : 10:13).’
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Sumber :  https://muslimah.or.id/