Asmaul Husna Al Latif

Asmaul Husna Al Latif

Salah satu asma Allah adalah Al Latif, Allah Yang Maha Lembut. Nama ini disebut sebanyak tujuh kali di dalam Al-Quran. Lima kali diantaranya dikaitkan dengan nama Al Khobir (Allah Yang Mengetahui). Jika ada kalimat yang terdiri dari rangkaian huruf Lam, tho dan fa, itu artinya berkisar di antara kecil, halus, atau tersembunyi. Jadi mencapai sesuatu tujuan dengan cara yang sangat halus sekali.

Imam Al Ghozali pernah menerangkan bahwa Lathif itu bermakna memiliki pengetahuan tentang sesuatu lalu melakukan untuk mencukupinya dengan cara yang amat lembut tak terasa. Jadi bergabungnya antara dua hal, yaitu pengetahuan yang sangat cermat, teliti, dan kemampuan untuk memenuhinya dengan cara yang amat lembut, halus, tak terasa, tak terduga. Inilah makna Lathif.

Dan, hanya Allah yang memiliki kuasa untuk melakukan hal seperti demikian, sehingga salah satu asma Allah adalah Al Lathif. Karena hanya Allah yang memiliki pengetahuan tentang segalanya secara sempurna. Allah mengetahui segala hal tentang diri kita dan mengetahui segala kebutuhan diri kita sampai kebutuhan sel demi sel yang terkecil sekalipun dari diri kita, sungguh Allah mengetahuinya sedangkan kita tidak tahu. Allah memenuhi kebutuhan lahir batin kita dengan cara yang amat sempurna dengan cara yang tidak terasa.

Ketika kita masih berpa janin di dalam rahim ibu, saat itu kita masih tak mengetahui apa-apa, tak mampu berbuat apa-apa, bahkan tak memiliki keinginan apa-apa, namun meski demikian rezeki kita terpenuhi sehingga kita tumbuh dan berkembang. Ibu kita pun tidak mengerti ada kejadian sempurna apa yang terjadi di dalam rahimnya, bapak kita pun demikian. Dokter pun hanya memeriksa sewaktu-waktu saja. Dan di sepanjang waktu, Allah-lah yang mengetahui, mengatur dan mencukupi setiap prosesnya secara sempurna hingga akhirnya kita terlahir ke dunia. Allohu Akbar!

Dari rangkaian proses kehidupan kita, sesungguhnya kita bisa menemukan betapa lembutnya kasih sayang Allah kepada kita. Allah berfirman, Allah Maha Lembut terhadap hamba-hamba-Nya; Dia memberi rezeki kepada yang di kehendaki-Nya dan Dialah yang Maha kuat lagi Maha Perkasa.” (QS. Asy Syura [42] : 19)

Allah juga berfirman, “Apakah kamu tiada melihat, bahwasanya Alloh menurunkan air dari langit, lalu jadilah bumi itu hijau? Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha mengetahui.” (QS. Al Hajj [22] : 63)

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

referensi : smstauhid
Klik Untuk Chat
👋 Hubungi Kami Via Whatsapp, Team Customer Support Online Kami Siap. Tanyakan Apapun Kepada Kami.