Kesalahan Dalam Bersedekah

Mari kita simak selengkapnya kesalahan-kesalahan yang banyak dilakukan orang ketika bersedekah:
1. Tidak ikhlas
Ikhlas itu pekerjaan hati, namun sebenarnya ia bisa terlihat jelas juga dalam sikap dan perbuatan seseorang. Ada orang yang masuk neraka padahal rajin bersedekah, karena ia melakukan sedekah tersebut dengan harapan mendapat pujian orang lain dan pencitraan sebagai orang dermawan.
Tidak ikhlas sebenarnya salah satu pertanda kita telah melakukan syirik, yakni menjadikan sesuatu selain Allah sebagai tujuan, sebagai kecintaan. Oleh sebab itu, belajar ikhlas dalam bersedekah sangat penting dilakukan.

2. Bersedekah hanya untuk mendapat ganti berkali lipat di dunia
Memang benar Allah sendiri yang menjanjikan pahala dan ganjaran berkali lipat pada siapapun yang mau bersedekah, akan tetapi jika kita bersedekah dengan niat hanya untuk mendapat ganti harta dunia, ya ampun… rugi sekali, karena hanya itulah yang akan kita dapatkan.
3. Menyakiti perasaan si penerima
Bersedekah tapi terus-terusan mengungkit sedekah tersebut, astaghfirullah… jelas bahwa pahala sedekahnya menghilang tiap kali kita menyebutkan jasa kita pada orang tersebut.
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima)” (QS. Al Baqarah: 264).

 

5. Sedekah dari harta haram

Tidaklah diterima shalat tanpa bersuci, tidak pula sedekah dari ghulul (harta haram)” (HR. Muslim no. 224).

Tidak perlu ditanya lagi, biarpun 90% uang korupsi dipakai untuk sedekah, kemungkinan besar Allah akan menolak amalan tersebut. Dapatkanlah harta dengan cara baik dan halal. Allah hanya menerima apa yang baik-baik, termasuk sumber uang sedekah kita.
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086
referensi : aagym