Ingin Di Tolong Allah Penuhi Syarat Ini

“Mintalah pertolongan Allah dengan sabar dan shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (yaitu) orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Tuhannya dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya”. (QS. Al-Baqarah: 45-46)
Nah, sudahkah kita memenuhi 2 persyaratan tersebut? Karena sesungguhnya pertolongan Allah datang untuk orang-orang yang sabar dan melaksanakan shalat.
1. Makna sabar
Bukan sekadar ucapan “Sabar… sabar…” di bibir saja. Para ulama rahimahumullah menjelaskan bahwa sabar itu ada 3 macam:
– Sabar dalam ketaatan kepada Allah, yaitu seseorang senantiasa melaksanakan ketaatan
– Sabar dari maksiat Allah, yaitu seseorang menahan diri untuk tidak melakukan maksiat
– Sabar terhadap takdir Allah, yaitu seseorang menahan diri dari sikap menentang takdir Allah, bersabar atas takdir buruk yang menimpanya dan juga menahan diri dari sikap jengkel dan marah terhadap qadha dan qadar Allah.
Orang yang sabar, ketika ditimpa musibah akan tetap tenang, dan mengatakan “Innalillaahi wa inna ilaihi roji’un…” segala sesuatu dari Allah dan akan kembali kepada Allah.
2. Perbanyak shalat dan perbaiki kualitas shalat wajib
Ketika ditimpa permasalahan apapun, Rasulullah akan melakukan shalat, karena dengan shalat lah pertolongan Allah datang.
Huzaifah bin Yaman menuturkan, “Pada malam berlangsungnya perang Ahzab, saya menemui Rasulullah, sementara beliau sedang shalat seraya menutup tubuhnya dengan jubah. Bila beliau menghadapi persoalan, maka beliau akan mengerjakan shalat.“ Bahkan Ali bin Abi Thalib menuturkan keadaan Rasulullah pada perang Badar, “Pada malam berlangsungnya perang Badar, semua kami tertidur kecuali Rasulullah, beliau shalat dan berdo’a sampai pagi.“
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086
referensi : ummi-online