Orang Alim Pun Bisa Terkena Riya

Penyakit riya dapat menjangkiti siapa saja, bahkan seorang yang alim sekali pun. Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “sesuatu yang aku khawatirkan menimpa kalian adalah perbuatan syirik asghar”. Ketika Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam ditanya tentang maksudnya, beliau Shallallahu’alaihi wasallam menjawab, “(contohnya) adalah riya”.

Dalam hadits lain, Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam berkata, “Maukah kalian kuberitahu tentang sesuatu yang menurutku lebih aku khawatirkan terhadap kalian dari pada (fitnah) Dajjal?” Para sahabat berkata, “Tentu saja”. Beliau Shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Syirik khafi (yang tersembunyi), yaitu ketika seseorang berdiri mengerjakan shalat, dia perbagus shalatnya karena mengetahui ada orang lain yang memperhatikannya “

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam menjelaskan bahwa riya termasuk syirik khafi yang samar dan tersembunyi. Hal ini karena riya terkait dengan niat dan termasuk amalan hati, yang hanya diketahui oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tidak ada seseorang pun yang mengetahui niat dan maksud seseorang kecuali Allah Subhanahu Wa Ta’ala semata.

Mengingat sedemikian pentingnya menjauh dari riya agar ikhlas tetap terjaga, maka Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam mengajarkan sebuah doa untuk melindungi dari syirik besar maupun syirik kecil itu.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Wahai sekalian manusia, jauhilah dosa syirik, karena syirik itu lebih samar dari pada rayapan seekor semut”. Seorang sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimana kami dapat menjauhi dosa syirik, sementara ia lebih samar dari pada rayapan seekor semut?”

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam menjawab, ‘Ucapkanlah Allahumma inni a’udzubika an usyrika bika wa ana a’lam wa astaghfiruka lima laa a’lam (‘Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan syirik yang aku sadari. Dan aku memohon ampun kepada-Mu atas dosa-dosa yang tidak aku ketahui).”

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Referensi : dakwatuna