Membalas Kebaikan Orang Lain

2016-04-17_14-51-37

Rosululloh Shallallahu’alaihi wasallam. bersabda, “Barangsiapa tidak berterimakasih kepada manusia, maka dia tidak bersyukur kepada Allah.” (HR. Tirmidzi)

Saudaraku, ada dua hal yang penting untuk kita ingat. Pertama, kebaikan orang lain kepada kita. Dankedua, keburukan kita kepada orang lain. Namun ada dua hal juga yang perlu kita lupakan. Pertama,kebaikan kita kepada orang lain. Dan kedua, keburukan orang lain kepada kita.

Mengapa demikian? Karena yang membahayakan diri kita bukanlah perbuatan orang lain. Demikian juga yang menjadi kebaikan terhadap diri kita bukanlah perbuatan orang lain. Yang menyebabkan datangnya keburukan dan kebaikan terhadap diri kita adalah perbuatan diri kita sendiri.

Jikalau kita senantiasa mengingat keburukan kita terhadap orang lain, maka sikap yang akan lahir adalah kita senantiasa mawas diri untuk menjaga lisan dan sikap kita dari perbuatan buruk terhadap orang lain. Jikapun kita terlanjur bersikap demikian, maka kita akan segera bertaubat dan meminta maaf kepada orang yang bersangkutan.

Dan ketika kita mengingati kebaikan orang lain terhadap diri kita, maka akan membuat kita senantiasa bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. dan berterimakasih kepada orang bersangkutan. Kita pun akan termotivasi untuk berbuat baik kepada orang tersebut meski ia tidak memintanya.

Sesungguhnya berterimakasih dan membalas kebaikan orang lain adalah salah satu bentuk syukur kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sebagaimana wasiat Rosululloh Shallallahu’alaihi wasallam. dalam haditsnya, “Barangsiapa yang telah berbuat kebaikan kepada kalian, hendaklah kalian membalasnya. Jika kalian tidak mampu membalasnya, maka berdoalah untuknya, hingga kalian tahu bahwa kalian telah bersyukur. Allah adalah Dzat Yang Maha Tahu Berterimakasih dan sangat cinta kepada orang-orang yang bersyukur.” (HR. Thobroni)

Sahabatku, tidaklah Rosululloh Shallallahu’alaihi wasallam. mewasiatkan kepada kita untuk berterimakasih dan membalas kebaikan orang lain terhadap kita, kecuali pasti terdapat kebaikan di dalamnya. Berterimakasih dan membalas kebaikan orang lain adalah bentuk syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala., dan bersikap sebaliknya adalah tabiat orang yang kufur terhadap nikmat-Nya.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

referensi : smstauhiid