Semua Alam Semesta Dalam Pengawasan Allah

Semua Alam Semesta Dalam Pengawasan Allah

2016-05-16_7-07-58

“Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula),…” (QS. Al – An’am:59)

salam sejahtera bagi kita semua semoga kita selalu di berikan kesehatan agar selalu bisa beribadah kepada Allah, membaca ayat di atas tentu kita sudah paham sesungguhnya Allah lah yang menciptakan alam semesta ini dan Allah lah yang mengetahui segala sesuatu yang bergerak maupun yang tidak bergerak semua itu atas ijin Allah dan Semua Dalam Pengawasan Allah.

Ulama tafsir menjelaskan salah satunya adalah Syaikh Abdurrahman Bin Nashir As-sa’di, salah satu ulama ahlussunah bahwa ayat yang agung ini termasuk ayat terbesar yang menjelaskan ilmu Allah yang menyeluruh bahwa ia meliputi seluruh yang ghaib. Dan sebagian darinya Allah tunjukan kepada siapa yang di kehendakinya. Dan tentu banyak lagi ilmu tidak di ungkapkan kepada para malaikat yang dekat sekalipun, dan para nabi yang diutus, lebih lebih pada mahluk lain selain mereka.

Allah mengetahui apa yang ada di langit, daratan dan di tempat tempat sepi, juga mencakup binatang tanpa terkecuali, pepohonan, pasir kerikil dan debu. Segala yang hidup maupun benda mati. Begitu juga hewan yang di laut, ikan dan lainya yang ada di dalam air. Maha besar Allah atas segala sesuatu begitu penjelasan yang di ungkapkan ulama tafsir ini.

Dari penjelasan di atas padat di tarik kesimpulan bahwa ketika kita merenungkan dengan seksama, tidak ada satu tempat pun di muka bumi ini yang luput dari pengawasan Allah Ta’ala.sampai bisikan dalam hati manusia pun Allah mengetahuinya. Allah ta’ala berfirman : Artinya : ‘padahal Allah mengetahui apa yang mereka sembunyikan ( dalam hati mereka) ‘ (QS. Al-Insyiqaaq : 23)

Sungguh maha besar kekuasaan Allah, tidak ada yang luput dari penglihatan dan pengamatan Allah ta’ala. Bahkan daun yang jatuh pun Allah amat mengetahuinya. Allah ta’ala berfirman : Artinya : ‘ Dia mengetahui apa apa yang  di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula),… ( QS. Al-an’am : 59).

Ibnu Katsier juga menjelaskan, ilmu Allah yang maha mulia itu meliputi segala sesuatu, baik yang ada di darat maupun yang ada di laut, dan tidak ada sedikit pun dari hal itu yang tersembunyi dari-NYA, tidak juga sekecil apapun di bumi maupun di langit yang luput dari pengamatanya. Inilah bukti keagungan Allah yang Maha Agung.

Allah Dzat Maha Mulia lagi Maha Mengetahui, Maha Menyaksikan dan Maha Meliputi seluruh makhluk-makhluknya. Allah ta’ala berfirman : artinya ‘ Allah –lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa segala sesuatu, dan Sesungguhnya Allah ilmu-ilmu-NYA benar- benar meliputi segala sesuatu’. (QS. Ath-Talaq:12).

Naman, terkadang manusia lupa dan lalai akan hal itu. Tidak sedikit orang yang melakukan peruatan dosa dan kejahatan dan lain sebagainya., melakunya secara diam diam seolah dirinya tidak ada yang melihatnya. Terkadang manusia melakukanya dengan secara sembunyi sembunyi seolah mereka merasa aman dari pengawasan dan pengamatan Allah. Allah berfirman : artinya “ Sesungguhnya Tuhanmu benar benar mengawasi”. ( QS. Al- Fajr:14). Dan Allah juga berfirman dalam ayat lain . “Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaan-pekerjaanmu) dan mencatat pekerjanmu), yang mulia (disisi Allah) dan mencatat (pekerjaan pekerjaan mu itu), mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS. Al-Infithar:10-11).

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

referensi : duniaislam
Klik Untuk Chat
👋 Hubungi Kami Via Whatsapp, Team Customer Support Online Kami Siap. Tanyakan Apapun Kepada Kami.