Meninggalkan Sifat Toma

Meninggalkan Sifat Toma

2016-05-23_6-15-16

Sahabat Rumah Kurma sahara, Islam mengajarkan bahwa tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Maka, sebisa mungkin upayakan untuk tidak meminta-minta kepada orang lain. Pantang berharap orang lain berbelas kasihan kepada kita. Sikap yang begini disebut dengan Toma.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala. berfirman, “(Berinfaqlah) kepada orang-orang fakir yang terikat (oleh jihad) di jalan Allah; mereka tidak dapat (berusaha) di bumi; orang yang tidak tahu menyangka mereka orang kaya karena memelihara diri dari minta-minta. Kamu kenal mereka dengan melihat sifat-sifatnya, mereka tidak meminta kepada orang secara mendesak. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka sesungguhnya Allah Maha Mengatahui.” (QS. Al Baqoroh [2] : 273)

Sehebat apapun kita, jika tangan kita sudah di bawah, maka akan turun kehormatan kita. Semakin sering kita meminta-minta, akan semakin turun pula kehormatan kita. Meskipun seseorang punya jabatan tinggi, tapi kerjaannya meminta-minta jatah uang yang bukan haknya, maka jabatan tinggi itu sia-sia saja karena kehormatannya sangat rendah. Tidak ada ceritanya peminta-peminta itu berwibawa.

Jauhilah sikap Toma, berharap-harap diberi oleh orang lain. Jagalah kehormatan diri. Milikilah semangat untuk bisa memberi pada orang lain. Dan, cukupkanlah diri dengan ikhtiar dan tawakal kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Rosululloh Shallallahu’alaihi wasallam. bersabda, “Siapa merasa cukup, Allah mencukupkannya. Siapa memelihara diri (dari meminta-minta), maka Allah pun memeliharanya.” (HR. Bukhori, Muslim, Ahmad)

Semoga kita termasuk hamba-hamba Allah yang terjaga kehormatannya, jauh dari sikap Toma.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

referensi : smstauhiid
Klik Untuk Chat
👋 Hubungi Kami Via Whatsapp, Team Customer Support Online Kami Siap. Tanyakan Apapun Kepada Kami.