Mengeluh Kepada Allah Saja, Bukan Di Media Sosial

Mengeluh Kepada Allah Saja, Bukan Di Media Sosial

2016-03-23_6-17-58

ALLAH Subhanahu wa Ta’ala menyukai mukmin yang kuat dan pantang mengeluh. Jikapun ia mengalami hal yang tidak diinginkannya, misalnya terkena musibah, maka ia tetap sabar dan tawakal karena yakin Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa memberikan hal terbaik bagi hamba-Nya dan Dia tidak akan memberikan beban yang melebihi kemampuan hamba untuk mengatasinya.“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya…” (QS. Al-Baqarah:286).

“Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah dari mukmin yang lemah dan semuanya baik. Berusahalah untuk meraih apa yang bermanfaat bagimu, mintalah pertolongan kepada Allah dan jangan lemah, jika menimpamu sesuatu hal, jangan katakan seandainya aku lakukan ini dan itu, akan tetapi katakanlah: “Allah telah mentaqdirkannya dan apa yang Dia kehendaki Dia lakukan”, karena ucapan “seandainya” akan membuka (memberi peluang bagi) perbuatan setan”. (HR. Muslim).

Mengeluh Kepada Allah Subhanahu wa Ta’alaSaja

Saat mengalami sesuatu yang tidak diinginkan, seorang mukmin dianjurkan berdoa:Qoddarallahu wa maa syaa-a fa’al.

قَدَّرَ اللهُ وَماَ شَاءَ فَعَلَ

“Allah telah mentaqdirkannya dan apa yang Dia kehendaki Dia lakukan”.

Selain itu, seorang mukmin juga hanya berkeluh-kesah di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala saja, mengadukan segala masalah hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, bukan di status Facebook, misalnya.

“Hendaklah di antara kalian mengadukan segala urusannya hanya kepada Allah saja, walaupun hanya tali sandal yang putus.” (HR. Tirmidzi).

Masalah Akan Selalu Ada
Masalah akan selalu ada karena hidup ini adalah ujian. Terlebih lagi bagi kaum Muslim atau kaum Mukmin.

“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya, dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun“ (QS Al-Mulk:2)

“Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar benarnya), dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan “. (QS Al-Anbiyaa 35 )

‘Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan.” (QS Al-Baqarah:155).

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka akan dibiarkan (saja) hanya dengan mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya, Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia pasti mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS. Al-Ankabut:2-3).

Demikianlah kaum beriman. Meski Gundah, Orang Beriman Pantang Mengeluh! Kalaupun harus “curhat” tentang kegundahannya, ia hanya “mengeluh” dan berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala!  

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

referensi : risalahislam
Klik Untuk Chat
👋 Hubungi Kami Via Whatsapp, Team Customer Support Online Kami Siap. Tanyakan Apapun Kepada Kami.