Membangun Ukhuwah Dengan Sesama Muslim

Membangun Ukhuwah Dengan Sesama Muslim

2016-03-18_8-13-53

Dalam hiruk pikuk kehidupan yang serba modern ini terkadang membuat kita bisa lupa diri. Lupa kepada tanggung jawab, dan lupa kepada orang lain yang merupakan bagian dari nafas kehidupan kita.

Kita seharusnya sadar akan keberadaan kita di permukaan bumi ini. Sebab tidaklah Allah menciptakan manusia melainkan untuk senantiasa patuh, tunduk dan beribadah hanya kepada-Nya.

Beribadah dalam hal ini juga bisa kita artikan sebagai bentuk Hablumminannas kita dalam bemuamalah sesama insan/manusia, sebab Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam. Bersabda bahwa “ Tidaklah beriman seorang diantara kalian hingga ia mencintai saudaranya seperti dirinya sendiri.(H.r. Bukhari).

 

Sudah saatnya membangun kembali suatu nuansa kebersamaan yang dapat membawa kita pada ukhuwah islamiyah. Alquran sangat jelas mengatakan bahwa orang-orang mukmin itu adalah bersaudara. Dan juga firman-Nya dalam (Q.s Al- Qasas ayat 77).

Dengan demikian ada beberap poin yang harus kita camkan dari pesan sayyidina Ali bin Abi Thalib. Dalam hal membangun hubungan yang harmonis diantara tetangga dan masyaratak pada umumnya.

  • Perhatikanlah baik-baik para tetanggamu karena kesungguhannya Nabi kalian telah mewasiatkan kalian tentang mereka. Beliau terus menerus menyebut mereka hingga kami mengira beliau memasukkan mereka kedalam ahli waris
  • Sesungguhnya orang miskin adalah duta Allah. Maka barang siapa yang menolaknya, dia telah menolak Allah; dan barangsiapa yang memberinya dia telah memberi Allah.
  • Perhatikanlah baik-baik anak yatim, jangankah sampai kalian membiarkan mulut-mulut mereka kosong(kelaparan), dan janganlah sampai mereka terlantar di tengah-tengah kalian
  • Janganlah engkau merasa senang dengan banyaknya teman selama mereka bukan orang-orang baik. Sebab kedudukan teman seperti api: sedikitnya adalah kenikmatan dan banyaknya adalah kebinasaan

Orang yang paling gagal dalam hidup adalah orang yang tidak mampu mendaptkan teman-teman, dan lebih gagal lagi adalah yang menyebabkan pergi nya mereka yang didapatkannya itu.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

referensi : islampos
Klik Untuk Chat
👋 Hubungi Kami Via Whatsapp, Team Customer Support Online Kami Siap. Tanyakan Apapun Kepada Kami.