Jangan Pamer Amal Di Media Sosial

Jangan Pamer Amal Di Media Sosial

2016-03-22_7-14-55
Fenomena Hajj Selfie di Media Sosial (Facebook/Twitter) saat ini menjadi ajang pamer amal ibadah/kebaikan sehingga bisa mengurangi bahkan menghapuskan pahala. Lain soal jika foto tersebut untuk koleksi pribadi, tidak dipamerkan di media sosial.

Kali ini mari kita sama-sama mengingatkan agar “tidak semua hal” diposting di media sosial seperti Facebook dan Twitter, apalagi jika aktivitas kita berupa ibadah atau amal kebaikan. Pasalnya, hal itu berpotensi menimbulkan rasa ingin pamer, dipuji orang, alias riya’.

Padahal, Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam sudah mengingatkan dalam sabdanya. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam. bersabda,

“Sesungguhnya yang paling aku takuti pada kalian adalah syirik kecil.” Sahabat bertanya, “Apa itu syirik kecil, wahai Rasulullah?” Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam. menjawab, “Riya’ (pamer/ingin dipuji orang lain). Allah berkata di Hari Kiamat ketika membalas amal-amal hamba-Nya, ‘Pergilah pada yang kamu berbuat riya’ di dunia dan perhatikanlah, apakah kamu mendapatkan balasannya?’” (HR Ahmad).

Jangan sampai “jempol” (like/suka) dan komentar teman menjadi “berhala baru” di dunia maya. Kita harus lebih banyak menahan diri untuk tidak berdoa, bermuhasabah, munajat, dan curhat di Facebook/Twitter.
Serulah Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam shalat dan dzikir saja, bukan di media sosial. Cukup Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan kita saja yang tahu amal kebaikan yang kita lakukan, jangan dipamerkan kepada publik atau teman-teman di media sosial.
Cukup Allah dan kita saja yang tahu, misalnya bahwa kita puasa, shalat, haji, baca Quran, sedekah, dan sebagainya. Salah satu syarat diterima amal adalah Ikhlas, selain Sunnah dan Ilmu.
Media sosial hendaknya difungsikan sebatas silaturahmi, saling berbagi informasi terkini, terpenting, dan inspirasi, bukan ajang pamer amal, pamer kebaikan, doa, munajat, dan “muhasabah”.
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086
referensi : risalahislam
Klik Untuk Chat
👋 Hubungi Kami Via Whatsapp, Team Customer Support Online Kami Siap. Tanyakan Apapun Kepada Kami.