Hati-Hati Ketika Diri Merasa Paling Suci

Hati-Hati Ketika Diri Merasa Paling Suci

2016-04-01_5-56-41

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman, “(Yaitu) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji yang selain dari kesalahan-kesalahan kecil. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Luas ampunan-Nya, dan Dia lebih mengetahui (tentang keadaan)mu ketika Dia menjadikan kamu dari tanah dan ketika kamu masih janin dalam perut ibumu; maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa.” (QS. An Najm [52] : 32)

Saudaraku, salah satu celah sumber malapetaka adalah bisikan syaitan dalam hati kita. Ketika kita sudah berikhtiar untuk memperbaiki diri, mengistiqomahkan ibadah, membersihkan penampilan, maka syaitan masuk datang membisiki ke dalam hati kita sehingga kita merasa sudah menjadi orang sholeh. Syaitan kemudian secara halus semakin menyeret kita dengan memandang orang lain tidak lebih sholeh daripada kita.

Maasyaa Allah, justru hal yang demikian adalah ciri dari kotornya hati kita. Ketika kita merasa suci, itu pertanda kita ujub. Oleh karena itu semoga kita bisa lebih berhati-hati dan waspada dalam melihat diri kita sendiri. Yang harus kita perbanyak adalah merasa diri kotor dan lemah di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, sehingga kita tiada henti kita terus memperbaiki diri dan mohon ampunannya.

Termasuk dalam menyikapi pujian orang lain. Pujian bisa membuat kita semakin merasa suci. Namun, kita tidak bisa memaksa orang lain untuk tidak memuji kita. Yang bisa kita lakukan adalah mawas diri dalam menyikapi pujian, sadarilah bahwa orang lain memuji kita karena ia tidak tahu siapa diri kita sebenarnya dan karena Allah masih menutupi keburukan kita di hadapannya.

Nah saudaraku, mari kita senantiasa sediakan waktu untuk mengevaluasi diri kita, membersihkan hati kita, agar terhindar dari berbagai penyakit hati. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala. senantiasa melindungi kita dan menerima taubat kita. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

referensi : smstauhid
Klik Untuk Chat
👋 Hubungi Kami Via Whatsapp, Team Customer Support Online Kami Siap. Tanyakan Apapun Kepada Kami.