Kriteria Sahabat Dalam Islam

2016-03-18_8-13-53Kita pasti memiliki banyak sekali teman. Mulai dari teman main, dekat rumah, teman sekolah (SD, SMP, SMA), kuliah, kerja, teman satu komunitas, sampai teman di sosial media yang tak terhitung jumlahnya. Meskipun tidak banyak, paling tidak kita mempunyai beberapa orang teman yang dekat.

Bagaimana dengan sahabat? apa perbedaan dari keduanya? secara umum teman adalah seseorang yang dikenal dan menjalin interaksi dengan kita, baik berinteraksi secara terus-menerus atau tidak. Dan biasanya jumlahnya banyak. Sedangkan sahabat adalah seseorang yang memiliki kedudukan lebih dekat dengan kita. Senang, sedih, kecewa, bahagia, marah, biasanya dapat kita ungkapkan dengan bebas pada sahabat.

Namun perlu diketahui tidak semua orang dapat dijadikan sahabat. Kita boleh berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan, tapi untuk menjadikannya seorang sahabat kita harus pandai memilihnya. Memilih sahabat tidak sembarangan. Kita harus teliti dan hati-hati, karena jika salah memilihnya maka akibatnya tidak baik. Sahabat tidak sekedar menjadi teman di kala susah dan senang saja, tapi pastikan sahabat yang dimiliki dapat membawa kita menuju jalan yang Allah ridhoi.

Berikut beberapa ciri atau kriteria dalam memilih sahabat yang baik, agar jalinan persahabatan menjadi lebih berkah:

1. Pilih sahabat yang beriman

Menjalin persahabatan harus semata-mata karena Allah. Sahabat yang beriman dapat menjadi perantara kita menuju apa-apa yang Allah ridhoi, pengingat di kala lupa dan tidak memandang dari segi materi atau kedudukan.

2. Pilih sahabat yang berakal/berilmu

Sahabat yang berilmu dapat membawa manfaat dalam kehidupan kita. Darinya kita dapat mengambil pelajaran. Ia juga tidak akan segan-segan membagi ilmunya, sebab persabahatan yang dijalin hanya karena Allah semata.

3. Pilih sahabat yang baik akhlaknya

Sahabat yang baik akhlaknya akan menutup aib kita. Ia bukan orang yang suka memuji-muji tapi bukan juga orang yang suka merendahkan.
Kriteria di atas dapat kita jadikan acuan dalam memilih sahabat. Pastikan niat kita menjalin persahabatan hanya karena Allah, bukan karena harta dan kedudukan yang dimilikinya. Dalam menjalin persahabatan juga terdapat hak-hak yang harus dijaga. Apa sajakah itu?
Inilah hak-hak yang harus dijaga dalam persahabatan:

a. Memberi salam dan menunjukkan wajah berseri
Saling memberi salam sangat dianjurkan antar sesama umat Islam. Menunjukkah wajah berseri pun diajarkan oleh Nabi Shallallahu’alaihi wasallam.
“Janganlah kamu meremehkan sedikit pun perbuatan baik, sekalipun kamu sekedar menemui saudaramu dengan wajah berseri.” (HR. Muslim)

b. Memberi hadiah
Indahnya persahabatan terasa bila kita saling memberi hadiah. Hadiah tidak harus mahal dan mewah, tapi tidak juga murahan. Sesuatu yang bermanfaat yang ia butuhkan akan sangat berkesan baginya. Nabi Muhammad bersabda, “Saling memberi hadiahlah kalian, maka kalian akan saling mencintai.”

c. Saling membantu
Saling membantu kesusahan yang dialami oleh sahabat sesuai kemampuan kita. Jangan juga memaksakan diri jika tidak mampu. Selain membantu dalam bentuk harta maupun tenaga, bantuan juga dapat kita ulurkan melalui doa. Doa merupakan senjata umat Islam. Mendoakan orang lain tanpa sepengetahuannya merupakan salah satu jalan diijabahnya doa. Dan doa itu pun akan kembali pada kita.

d. Saling menasihati
Agama adalah nasihat, maka sudah sewajarnya kita saling menasihati. Adakalanya nasihat kita didengar, kadang juga tidak. Saling menasihati karena Allah dan Allah yang akan menggerakkan hati sahabat kita.
Pandai-pandailah memilih sahabat, karena sahabatmu dapat menjadi jembatan bagimu menuju Surga maupun Neraka. Semoga poin-poin di atas dapat menambah kehati-hatian dalam menentukan siapa yang akan menjadi sahabat yang akan membawa kita menuju ridho-Nya.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Referensi : Ummi-online