Fadhilah Menjenguk Orang Yang Sakit

 

2016-03-13_6-53-39Pernahkah mengalami hal berikut ini, misalnya kemarin menjenguk si fulan atau fulanah yang tergolek di rumah sakit ternyata hari ini dia dipanggil selamanya oleh Sang Khalik. Tercetus kalimat di hati, ‘untung kemarin saya nengok ya, jadi masih sempat ketemu.’

Menjenguk orang sakit terlebih kawan yang kita kenal adalah amalan yang sangat mulia dan istimewa bagi yang melaksanakannya.  Selain memang dianjurkan oleh Rasulullah sebagai salah satu pemenuhan hak-hak saudara sesama muslim, maka menjenguk orang sakit memberi dampak kebaikan yang besar bagi yang ikhlas melakukannya.  Tak tanggung-tanggung bagi siapa saja yang menjenguk saudaranya yang sakit ia akan didoakan oleh 70.000 malaikat.

 

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Tidaklah seorang muslim yang menjenguk muslim lainnya di pagi hari kecuali ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya hingga sore hari. Dan jika menjenguknya di sore hari, ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya hingga pagi, dan baginya satu kebun di surga.” (HR. al-Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahih al-Tirmidzi)

Bagaimana rasanya didoakan oleh Malaikat sebanyak itu? tapi begitulah anjuran sekaligus motivasi untuk kaum muslimin  yang menurut sebagian besar ulama bersifat fardhu kifayah. Menurut ulama kewajiban menjenguk si sakit apabila dengan sakitnya itu yang bersangkutan terhalang untuk berkumpul dengan orang lain, tapi jika masih bisa keluar dan bertemu saudaranya maka tidak wajib untuk dijenguk

mulai sekarang jenguklah saudara kita yang sakit karena Allah semata, bukan karena tidak enak jika tak menjenguk atau alasan-alasan lain, niscaya kita akan didoakan oleh para malaikat. Aamiin.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Referensi : ummi-online