Dampak Makanan Haram Bagi Kehidupan Dunia Dan Akhirat

2016-03-09_8-50-43

sudah yakin semua makanan yang masuk ke dalam perut dan mengalir di darah kita adalah makanan yang halal?

Makanan halal bukan hanya dari zatnya saja loh, melainkan juga perlu kita perhatikan cara mendapatkan makanannya.

Apakah kita memakan buah yang terjatuh dari pohonnya tanpa minta izin si pemilik pohon? Apakah kita mencicipi tester makanan berlebihan? Atau, apakah kita mendapat penghasilan dengan cara yang tidak halal? Misalnya mendapat bayaran optimal, tapi kita malah bekerja ogah-ogahan?

Secara zat, tentu saja kita sudah mengetahui bahwa makanan haram adalah yang mengandung khamr, darah, hewan yang disembelih tanpa mengucap asma Allah, atau hewan-hewan yang memang telah diharamkan dalam Al Qur’an.

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.” (QS. Al Maidah: 3)

 

Jangan sampai kita meremehkan tentang kehalalan makanan yang kita dan keluarga konsumsi, karena efeknya sungguh amat dahsyat. Berikut ini beberapa efek memakan makanan haram:

1. Tidak akan terkabul doanya

Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu baik. Dia tidak akan menerima sesuatu melainkan yang baik pula. Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin seperti yang diperintahkan-Nya kepada para Rasul. Firman-Nya: ‘Wahai para Rasul! Makanlah makanan yang baik-baik (halal) dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.’ Dan Allah juga berfirman: ‘Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah rezeki yang baik-baik yang Telah menceritakan kepada kami telah kami rezekikan kepadamu.’” Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menceritakan tentang seroang laki-laki yang telah lama berjalan karena jauhnya jarak yang ditempuhnya. Sehingga rambutnya kusut, masai dan berdebu. Orang itu mengangkat tangannya ke langit seraya berdo’a: “Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku.”Padahal, makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, pakaiannya dari yang haram dan diberi makan dengan makanan yang haram, maka bagaimanakah Allah akan memperkenankan do’anya?” (HR. Muslim no. 1015)

2. Membuat hati keras dan akhlak menjadi kasar

“Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Di antara keduanya terdapat perkara-perkara yang syubhat (samar-samar) yang tidak diketahui oleh orang banyak.”

Kemudian sesudah itu beliau bersabda, “Ketahuilah, sesungguhnya di dalam diri ini terdapat segumpal daging, jika dia baik maka baiklah seluruh tubuh ini dan jika dia buruk, maka buruklah seluruh tubuh; ketahuilah bahwa dia adalah hati.” (Muttafaq ‘Alaih)

Al-Munawi berkata: “Rasulullah menyabdakan ini sesudah sabda beliau ‘perkara halal itu jelas’, sebagai peringatan bahwa makanan halal akan menyinari dan memperbaiki hati, sedangkan makanan syubuhat akan membuat hati keras.”

3. Amal shaleh dan ibadah lainnya bisa jadi tidak diterima atau tak memperoleh pahala

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Shalat tidak diterima tanpa bersuci & tidak pula shaqadah yang dari kecurangan akan diterima.” (HR. Muslim)

Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhu berkata, “Allah tidak akan menerima shalat seseorang yang di dalam lambungnya terdapat makanan haram.”

4. Ancaman siksa neraka

Siapa yang dagingnya tumbuh dari pekerjaan yang tidak halal, maka neraka pantas untuknya.” (HR. Ibnu Hibban 11: 315, Al Hakim dalam mustadroknya 4: 141. Hadits ini shahih kata Syaikh Al Albani dalam Shahihul Jaami’ no. 4519)

5. Rusaknya keturunan karena makanan haram membuatnya terjauh dari penjagaan Allah

Ibnu al-Munkadir berkata, “Sesungguhnya Allah akan senantiasa menjaga anak dan cucu orang shalih serta orang-orang di sekitarnya dengan sebab dirinya. mereka senantiasa mendapat perlindungan dan pengamanan dari Allah.”

mari kita jauhkan diri dan keluarga dari makanan haram, baik haram zatnya maupun haram cara mendapatkannya. Semoga Allah menjaga kita dari hal-hal yang haram. Aamiin.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

referensi : ummi-online