3 hal yang yang harus disegerakan melakukannnya

2016-03-12_2-19-55Setiap manusia memiliki kepentingan, kebutuhan, pengharapan dan keinginan yang berbeda. Skala prioritas kita pun kadang berbeda-beda, sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan yang kita lakukan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mewasiatkan tiga hal yang harus disegerakan. Tidak boleh ditunda-tunda. Sebagaimana tertera dalam hadits berikut ini.

Rasulullah shallallahu ‘alaihu wasallam bersabda:

ثَلاثَةٌ يَا عَلِيُّ لاَ تُؤَخِّرْهُنَّ : الصَّلاةُ إِذَا أَتَتْ ، وَالْجَنَازَةُ إِذَا حَضَرَتْ ، وَالأَيِّمُ إِذَا وَجَدَتْ كُفُؤًا

“Wahai Ali, ada tiga perkara yang tidak boleh engkau tunda, yakni shalat jika telah tiba waktunya, jenazah apabila telah hadir, dan wanita apabila telah ada calon suami yang sekufu.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad; hasan)

Walaupun dalam hadits ini Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda kepada Ali bin Abu Thalib radhiyallahu ‘anhu, para ulama menjelaskan bahwa hadits ini berlaku umum untuk seluruh umatnya.

1. Shalat tepat waktu

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam mengajarkan umatnya untuk shalat tepat waktu. Bagi laki-laki, shalat berjama’ah di masjid. Namun saat ini, yang terjadi ketika Suara adzan telah berkumandang, banyak orang yang masih sibuk dengan aktivitas duniawinya. Memilih menunda shalat, dan menyelesaikan pekerjaan atau tugas terlebih dahulu dibandingkan memenuhi panggilan-Nya. Hanya beberapa orang yang mendahulukan shalat ke masjid dibandingkan melanjutkan pekerjaannya.

Apapun alasannya, sebaiknya sebagai seorang muslim yang taat, kita harus mendahulukan panggilan-Nya. Meninggalkan segala aktivitas duniawi dan memilih untuk memenuhi panggilan-Nya terlebih dahulu.

Pertemuan dengan Allah adalah kesempatan yang seharusnya sangat kita nantikan. Menceritakan semua keluh kesah, beban, kesedihan, serta mengungkapkan kesyukuran kita pada-Nya.

Kita perlu membiasakan untuk segera bangkit dan menunda aktivitas lainnya ketika adzan berkumandang. Hal ini perlu pembiasaan agar kita terbiasa dan akhirnya menjadi kebiasaan. Merasa tidak nyaman ketika belum shalat saat waktunya tiba.

2. Memakamkan jenazah

Jenazah perlu diurus dan dimakankan dengan segera. Jangan ditunda, lebih baik segera dimandikan, dikafani, dishalatkan dan dimakamkan. Dalam salah satu hadits disebutkan mengapa harus mempercepat pemakaman jenazah; jika ia orang yang taat berarti kita mempercepat ia bertemu nikmat-Nya, sedangkan jika ia pendosa berarti kita mempercepat berlepas dari fitnahnya.

Terkadang, pengurusan jenazah ditunda-tunda dengan berbagai alasan. Ada yang beralasan agar seluruh kerabatnya datang dulu melihat wajahnya untuk terakhir kalinya. Ada pula karena alasan ia pejabat atau orang terkenal sehingga ditunda berhari-hari pemakamannya.Na’udzubillah.

3. Menikahkan wanita yang telah datang jodohnya

Rasulullah menganjurkan para orangtua agar segera menikahkan putrinya jika telah ada pria sekufu yang melamarnya. Menurut banyak ulama, kufu itu dalam urusan agama. Senada dengan hadits lain yang menjelaskan bahwa jika ada pria saleh yang datang melamar hendaklah diterima atau akan ada fitnah dan kerusakan yang terjadi di muka bumi.

Wallahu’alam.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

referensi : Ummi-online