Saat Setan Takut dan Lari dari Umar bin al Khaththab


Dari Sa’ad bin Abu Waqqash r.a berkata bahwa Umar bin al Khaththab r.a pernah meminta izin untuk bertemu Rasulullah SAW di mana pada waktu itu para wanita Quraisy sedang berbicara dengan beliau dengan suara keras hingga mengalahkan suara beliau. Ketika mereka mendengar suara Umar, maka para wanita dengan segera mengambil hijab, lalu Rasulullah SAW mengizinkan Umar untuk masuk. Saat Umar masuk, Rasulullah sedang tertawa. Umar bertanya, “Apa yang membuatmu tertawa wahai Rasulullah, bapak dan ibuku sebagai tebusanmu, apa yang membuatmu tertawa?” Beliau bersabda, “Aku heran terhadap para wanita di sini, tatkala mendengar suaramu, mereka bergegas mengambil hijab.” Umar berkata, “Wahai Rasulullah engkau lebih berhak disegani.” Continue reading “Saat Setan Takut dan Lari dari Umar bin al Khaththab”

Tips Hafal Al-Qur’an di Tengah Kesibukan Rumah Tangga


Saudaraku tercinta, aku persembahkan untuk kalian pengalamanku dalam menghafal Al-Qur’an. Semoga dengan menghafal kitab-Nya, Allah akan menyinari jalan kita dan meninggikan cita-cita kita. Hanya kepada Allahlah kita meminta keikhlasan dan kebenaran dalam setiap amal. Aamiin

Segala puji hanya bagi Allah yang telah memudahkanku untuk mengikuti seminar melejitkan potensi otak. Sebab, seminar itu benar-benar menggelorakanku untuk menghafal dan menambah kecepatan hafalanku. Bagaimana tidak? Di hari pertamaku mengikuti seminar tersebut aku hanya mampu menghafal 6 lembar. Kemudian di hari kedua hafalanku menjadi 12 halaman. Bertambah hari, bertambah pula hafalanku. Di hari menjelang berakhirnya seminar hafalanku telah mencapai 50 halaman per hari. Puncaknya di malam terakhir menjelang tutupnya seminar hafalanku menjadi 72 halaman. Alhamdulillah. Continue reading “Tips Hafal Al-Qur’an di Tengah Kesibukan Rumah Tangga”

Keikhlasan Kunci Kekuatan Mukmin


Ada sebatang pohon yang disembah oleh manusia, maka ada seorang mukmin ahli ibadah dari kalangan Bani Israil mengambil kampak untuk memotongnya. Lalu, iblis menemuinya seraya berkata kepadanya, “Apa yang engkau inginkan?” Laki-laki itu menjawab, “Aku ingin menebang pohon kayu yang disembah itu.”

Iblis berkata kepadanya, “Engkau tidak akan mampu, karena aku mencegahmu melakukan itu.” Laki-laki ahli ibadah itu memukul dan menjatuhkan iblis ke tanah. Kemudian ia berjalan menuju pohon itu untuk menebangnya. Iblis kembali menghadangnya. Akan tetapi, ahli ibadah itu memukul dan menjatuhkannya ke tanah. Iblis kembali menghadangnya untuk yang ketiga kalinya. Iblis berkata kepadanya, “Adakah yang lebih baik bagimu, jangan engkau tebang pohon itu, engkau akan mendapatkan dua Dinar setiap pada pagi hari, engkau dapatkan di bawah bantalmu.” Continue reading “Keikhlasan Kunci Kekuatan Mukmin”

Islam Memuliakan Kaum Hawa


Dengan alasan persamaan gender, martabat perempuan justru sering terlecehkan. Padahal, dengan menempatkan perempuan pada posisinya, Islam memuliakan kaum Hawa.

Masalah perempuan selalu menarik. Sejak dulu perempuan menjadi isu yang harus diminati. Di satu sisi ada yang memandang perempuan seperti benda. Ia bisa dijual, diwariskan bahkan diperlakukan seenaknya. Di sisi lain ada yang menghendaki perempuan bebas dari semua belenggu. Kalangan ini menganggap perempuan sama dengan laki-laki dalam hal apa pun. Bahkan, fitrah dasar perempuan, seperti menikah, mengandung dan melahirkan sering dinaifkan. Continue reading “Islam Memuliakan Kaum Hawa”