Inilah Sebab Mengapa Kita Diminta Jauhi Teman Yang Jelek Akhlaknya


Dalam kehidupan ini, kondisi lingkungan sangat berpengaruh pada kepribadian seseorang. bila kita berada pada lingkungan yang baik, maka kita juga akan ikut baik. Dan sebaliknya, bila berada dalam lingkungan yang jelek, kita pun bisa terpengaruh jeleknya.

Dalam pergaulan, tentunya kita selalu berhubungan dengan teman. Ciri teman yang harus dijauhi menurut Islam, banyak jenisnya. Mengapa kita harus menjauhi teman? Hal tersebut bertujuan demi keselamatan di dunia dan akhirat.

Semua tahu, bahwa memiliki banyak teman merupakan hal yang mengembirakan. Tapi, tak semuanya dapat membawa ke arah yang lebih baik, karena ada beberapa yang justru merugikan.

Hubungan sosial negatif dapat menyebabkan penderitaan yang berkepanjangan, stres bahkan menjerumuskan ke neraka. Hal tersebut akan terjadi bila perilaku mereka dapat membawa ke zona kesesatan, kerusakan akhlak serta moral.
Pertemanan yang Harus Dijauhi

Pertemanan dan pergaulan yang mengarah kepada keburukan semacam ini mesti dijauhi. Apalagi bila kita tak bisa memberi pengaruh. Coba perhatikan, orang yang tingkah lakunya kewanitaan, bergaya banci, ia terus bersifat seperti itu karena faktor pergaulan.

Adapula orang yang suka merokok atau minum miras, juga karena terpengaruh jelek dari pertemanan. Ada yang tidak mau kalah ingin punya pacar karena dipengaruhi oleh temannya yang saling bersaing memiliki cewek sebagai pasangan jalan.

Andaisaja pergaulannya ada pada lingkungan yang bagus, tentu tak akan rusak seperti itu.

Kami teringat akan nasehat Malik bin Dinar di mana ia berkata,

كُلُّ جَلِيْسٍ لاَ تَسْتَفِيْدُ مِنْهُ خَيْرًا فَاجْتَنِبْهُ

“Setiap pertemanan yang tidak mendatangkan kebaikan apa-apa bagimu, maka jauhilah.” (Hilyatul Auliya’, 1: 51, dinukil dari At Tadzhib Al Mawdhu’iy li Hilyatil Auliya’, hal. 471).

Rasul pun mengarahkan kita agar memiliki lingkungan yang baik dalam bergaul. Dari Abu Musa, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السَّوْءِ كَمَثَلِ صَاحِبِ الْمِسْكِ ، وَكِيرِ الْحَدَّادِ ، لاَ يَعْدَمُكَ مِنْ صَاحِبِ الْمِسْكِ إِمَّا تَشْتَرِيهِ ، أَوْ تَجِدُ رِيحَهُ ، وَكِيرُ الْحَدَّادِ يُحْرِقُ بَدَنَكَ أَوْ ثَوْبَكَ أَوْ تَجِدُ مِنْهُ رِيحًا خَبِيثَةً

“Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang sholih dan orang yang jelek adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk dan pandai besi. Jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal dapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau dapat baunya yang tidak enak.” (HR. Bukhari no. 2101 dan Muslim no. 2628).
Teman Memberi Pengaruh Besar Dalam Hidup Kita

Seseorang yang tak tahu dan tidak dapat membedakan perilaku yang dapat diterima dengan yang tak bisa diterima maka cenderung akan terbawa moral bejat. Sama bagi seseorang yang telah tahu perbedaan dua tingkah laku tersebut, Tapi tak bisa mengembangkan kontrol diri agar berperilaku sesuai Al Quran yang mencerminkan akhlak mulia.

Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ تُصَاحِبْ إِلاَّ مُؤْمِنًا وَلاَ يَأْكُلْ طَعَامَكَ إِلاَّ تَقِىٌّ

“Janganlah engkau bergaul kecuali dengan seorang mukmin. Janganlah memakan makananmu melainkan orang bertakwa.” (HR. Abu Daud no. 4832 dan Tirmidzi no. 2395. Hadits ini hasan kata Syaikh Al Albani).

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْمَرْءُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ

“Seseorang akan mencocoki kebiasaan teman karibnya. Oleh karenanya, perhatikanlah siapa yang akan menjadi teman karib kalian”. (HR. Abu Daud no. 4833, Tirmidzi no. 2378, Ahmad 2: 344, dari Abu Hurairah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shohihul Jaami’ 3545).

Oleh karena itu perhatikanlah siapa teman karib kalian. Pilih teman yang baik, jauhi teman yang jelek.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086