Cerdas Bersyukur


Cerdas Bersyukur – Ibnu Qayyim Al Jauziyah dalam kitabnya Madarij As Saalikin, mengatakan bahwa syukur itu dapat direalisasikan dengan lisan seorang hamba, yaitu mengakui dan memuji keagungan Tuhannya, kemudian hatinya semakin meyakini dan mencintai-Nya, untuk selanjutnya mewujudkan rasa bersyukur tersebut dengan segenap anggota tubuh.

Adapun cara cerdas dalam bersyukur dapat dilakukan dengan tiga hal, yaitu: mengaku nikmat dari Allah Ta’ala dalam hatinya; memuji Allah, Zat yang memberi nikmat, “Sesungguhnya, syukur yang paling utama adalah memuji Zat pemberi nikmat” (HR Ibnu Jarir); dan menundukkan kenikmatan untuk ketaatan di jalan Allah dan bukan untuk bermaksiat kepada-Nya.

Cerdas Bersyukur

Cerdas dalam bersyukur merupakan salah satu kunci kebahagiaan dalam hidup. Orang yang bersyukur akan mampu melihat segala sesuatu secara jernih, obyektif, cerdas dan penuh kebersyukuran sehingga hatinya tenang dan damai. Dia pun akan lebih mampu untuk menikmati hidup.

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan agar menjadi hamba yang pandai bersyukur:

1. Mengetahui apa itu nikmat dan meyakini sepenuhnya bahwa nikmat tersebut merupakan anugerah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala
2. Berbahagia dan gembira dengan nikmat yang telah dianugerahkan seraya mengabarkan kepada orang lain bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah memberinya nikmat (HR Ahmad dan Tirmidzi)
3. Memahami akibat buruk dari mengkufuri nikmat, yaitu datangnya azab dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala (QS Ibrahim, 14:7)
4. Melaksanakan hal-hal yang dikehendaki oleh pemberi nikmat (Allah Subhanahu Wa Ta’ala) baik melalui lisan ataupun aneka perbuatan yang diridhai-Nya
5.Mengagungkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebagai Zat Pemberi Nikmat (QS Al Baqarah, 2: 185).

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086