Keutamaan Membaca Dan Menghafal Al Quran

Keutamaan Membaca Dan Menghafal Al Quran, antara lain:

1.      Al Quran menjadi syafaat di hari kiamat bagi para penghafalnya

“Penghafal Al Quran akan datang pada hari kiamat dan Al Quran berkata: “Wahai Tuhanku, bebaskanlah dia. Kemudian orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan). Al Quran kembali meminta: Wahai Tuhanku, ridhailaih dia, maka Allah meridhainya. Dan diperintahkan kepada orang itu, bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga). Dan Allah menambahkan dari setiap ayat yang dibacanya tambahan nikmat dan kebaikan.” (HR Tirmidzi)

Dari Abi Umamah ra. ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Bacalah olehmu Al Qur’an, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafa’at pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafalnya).” (HR. Muslim)

 

2.      Penghafal Al Quran seperti menaiki derajat kenabian

“Barangsiapa yang membaca (hafal) Al Qur’an, maka sungguh dirinya telah menaiki derajat kenabian, hanya saja tidak diwahyukan kepadanya.” (HR. Hakim)

 

3.      Penghafal Al Quran lebih pantas menjadi seorang pemimpin dalam segala bidang

“Yang menjadi imam suatu kaum adalah yang paling banyak hafalannya.” (HR. Muslim)

 

Dari Abu Hurairah ia berkata, “Rasulullah telah mengutus sebuah delegasi yang banyak jumlahnya, kemudian beliau mengetes hafalan mereka, kemudian satu per satu disuruh membaca apa yang sudah dihafal, maka sampailah pada Shahabi yang paling muda usianya, beliau bertanya, “Surat apa yang kau hafal? Ia menjawab,”Aku hafal surat ini.. surat ini.. dan surat Al Baqarah.” Benarkah kamu hafal surat Al Baqarah?” Tanya Nabi lagi. Shahabi menjawab, “Benar.” Nabi bersabda, “Berangkatlah kamu dan kamulah pemimpin delegasi.” (HR. At-Turmudzi dan An-Nasa’i)

 

4.      Para penghafal Al Quran menjadi bagian keluarga Allah

Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, “Siapakah mereka ya Rasulullah?” beliau menjawab, “Para ahli Al Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan pilihan-pilihan-Nya.” (HR. Ahmad)

 

5.      Derajat pembaca Al Quran terus naik sesuai dengan akir ayat yang ia baca

Dari Abdillah bin Amr bin ’Ash dari Nabi Shallallahu’alaihi wasallam, beliau bersabda, “Akan dikatakan kepada shahib Al Qur’an, “Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau dulu mentartilkan Al Qur’an di dunia, sesungguhnya kedudukanmu di akhir ayat yang kau baca.” (HR. Abu Daud dan Turmudzi)

 

6.      Pembaca sekaligus penghafal Al Quran akan bersama malaikat-malaikat yang mulia

“Dan perumpamaan orang yang membaca Al Qur’an sedangkan ia hafal ayat-ayatnya bersama para malaikat yang mulia dan taat.” (Muttafaqun ‘alaih)”

 

7.      Pembaca dan Penghafal Al Quran akan dipakaikan mahkota kemuliaan di surga kelak

Mereka akan dipanggil, “Di mana orang-orang yang tidak terlena oleh menggembala kambing dari membaca kitabku?” Maka berdirilah mereka dan dipakaikan kepada salah seorang mereka mahkota kemuliaan, diberikan kepadanya kesuksesan dengan tangan kanan dan kekekalan dengan tangan kirinya. (HR. At-Tabrani)

 

8.      Hati penghafal Al Quran tidak akan pernah hampa

“Orang-orang yang tidak punya hafalan Al-Quran sedikit pun adalah seperti rumah kumuh yang mau runtuh.” (HR Tirmidzi)

 

Masya Allah, begitu mulianya para pembaca dan penghafal Al Quran. Begitu banyak karunia dan kemuliaan yang diberikan Allah dan RasulNya kepada mereka. Rasanya merugi, jika kita tidak menyempatkan untuk menghafal walau satu surat makiyah saja selama kita hidup.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086