8 Amalan Ramadhan Berlimpah Pahala

Bulan Ramadhan Adalah sebuah hal yang wajar kita berstrategi untuk memperoleh hasil terbaik dalam sebuah proses. Begitu juga dalam bulan penuh keutamaan ini, orang yang mengetahui betapa pentingnya bulan ini pasti akan mengatur strategi dengan seksama.

Salah satu strategi paling efektif yang kita bisa lakukan adalah dengan cara mengusahakan melakukan amalan yang menghasilkan pahala berlimpah ketika mengerjakannya.

Berikut beberapa aktivitas amalan selain puasa yang dapat jadi opsi untuk kita lakukan dan dijanjikan Allah ganjaran luar biasa:

1. Memberi makanan berbuka orang yang berpuasa :

mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahalanya
Barangsiapa menyediakan makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun (HR Ahmad)

2. Shalat Malam :

diampuni dosa-dosanya
Barangsiapa menunaikan qiyamul lail pada bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharap pahala, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Shalat malam bersama Imam hingga selesai :

dinilai pahala shalat semalam suntuk
Barangsiapa yang shalat tarawih bersama imam hingga selesai, maka akan dituliskan baginya pahala shalat semalam suntuk. (HR. Abu Dawud, At‐Tirmidzi, an‐Nasa’i dan Ibnu Majah).

4. Berinteraksi intensif dengan Al Quran :

(membaca, tadabbur, dan atau menghafal)
Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada Nabi SAW setiap tahun sekali (pada bulan ramadhan). Pada tahun wafatnya Rasulullah SAW Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada beliau sebanyak dua kali (HR. Bukhari)

5. Memperbanyak sedekah :
Rasulullah adalah manusia yang paling dermawan dan beliau semakin bertambah dermawan pada bulan Ramadhan, ketika didatangi oleh Jibril. Sungguh, Rasulullah lebih dermawan dalam kebaikan, melebihi angin yang berhembus. (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Memperbanyak doa :

saat sahur, berpuasa, dan berbuka : dikabulkan doanya oleh Allah
Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa ketika dia berbuka, dan do’a orang yang terzalimi. (HR. At-Tirmidzi)

7. Memburu Lailatul Qadr :

pahala setara seribu bulan
Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (QS. Al‐Qadr:1‐3)

8. Umrah :

di bulan Ramadhan : pahala seperti berhaji bersama Rasulullah
Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku (HR. Bukhari)

Mari kita usahakan agar kita mampu melaksanakan amalan-amalan tersebut. Alaman-amalan di luar list di atas juga tentunya tetap perlu kita usahakan karena akan bernilai lebih utama di bulan benuh berkah ini.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *