Belajar Sukses Dari Semut

Semut adalah makhluk kecil yang tergolong dalam jenis omnivora, pemakan segala. Biarpun badannya kecil, semut mempunyai kekuatan besar dalam mencari makanan dan mengalahkan lawan-lawannya. Salah satu buktinya, toples gula yang biasa kita taruh di dapur selalu dimasuki semut meskipun sudah kita tutup rapat-rapat.

Tuhan selalu menyiratkan kearifan dan kebijaksanan-Nya dalam setiap ciptaan-Nya tak terkecuali pada semut dan koloninya yang tersebar di seluruh dunia. Semua sengaja ditunjukkan oleh Tuhan agar manusia bisa mengambil pelajaran dari sesuatu yang dilihat, dan agar mereka bisa belajar dari hewan yag tidak puny akal, namun lebih baik dari manusia.

Semut, ternyata bukan hanya pintar dalam hal strategi mencari makanan, tetapi juga pandai membangun sistem dalam koloninya. Buktinya, seperti yang sering kita lihat, semut selalu bergotong-royong dan suka membantu semut-semut yang lainnya.

Mari kita belajar dari ciptaan Allah Swt yang bernama semut ini, tentang kemampuan dan kekuatannya yang sangat besar.  Bila kita mau belajar, banyak nilai-nilai yang bisa kita ambil dari semut, seperti:

Membangun Sikap Gotong Royong

Semut adalah hewan terkenal karena sikap gotong-royongnya. Mereka bekerjasama dalam mencari makan dan membangun sarang selama 24 jam per hari dan 7 hari per minggu. Bila ada salah satu semut yang menemukan makanan, maka ia akan memanggil semut-semut lainnya bekerjasama mengambil makanan tesebut dan membawanya ke sarang.

Disiplin dan Saling Membantu

Semut adalah makhluk yang sangat disiplin dan saling membantu. Mereka adalah pekerja yang bekerja sesuai dengan bidangnya masing-masing. Semut yang bertugas mencari makanan akan selalu mencari makanan, sedang yang mengambil makanan akan selalu mengambil makanan. Bila ada salah satu yang sakit atau mati, maka semut-semut lain akan membantu membawanya ke sarang untuk diobati atau dikubur.

Membiasakan Silaturahmi

Semut adalah hewan yang suka bersilaturahmi. Buktinya, seperti kita sering lihat, bila ada dua semut bertemu, mereka selalu bertatap-tatapan, saling menyapa dan saling memeluk.

Dari semut kita bisa belajar tentang jalan meraih kesuksesan. Agar hidup kita sukses, kita harus saling membantu (bekerjasama), disiplin dan bersilaturahmi untuk bertukar ide, menambah relasi dan informasi. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *