Orang Yang Beriman Akan Benar-Benar Mengendalikan Lisannya

Salah satu dari asma Allah adalah As Sami’, Allah Yang Maha Mendengar. Sesungguhnya Allah tidak hanya Maha Mendengar setiap kata-kata yang kita ucapkan, namun juga Maha Mendengar niat yang ada di balik setiap ucapan kita.

Rosulullah Saw. mengingatkan kita, “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Kemampuan kita menjaga lisan adalah salah satu jalan yang akan mengantarkan kita pada keselamatan. Banyak hal buruk terjadi di dunia ini hanya disebabkan ketidakmampuan mengendalikan lisan.

Sebenarnya, semakin banyak kita bicara, akan semakin besar pula kemungkinan kita untuk tergelincir dengan kata-kata. Dan makin banyak tergelincir kata-kata, makin banyak pula dosa. Makin banyak dosa, akan makin sengsara. Semoga kita tidak termasuk yang demikian. Oleh karena itu penting bagi kita untuk memahami dan meyakini As Sami’, Allah Yang Maha Mendengar.

Keyakinan bahwa Allah Maha Mendengar akan membuat kita memelihara lisan kita dari perkataan yang buruk dan sia-sia. Inilah yang akan membuat kita punya rem yang kuat dalam menjaga lisan kita. Ketika kita keasyikan membicarakan keburukan orang lain atau sedang asyik berbicara hal-hal yang kotor, maka kita bisa menahan diri dengan kuat agar tidak melanjutkannya dan menyusulnya dengan beristighfar.

Orang yang beriman kepada Allah, akan benar-benar mengendalikan lisannya. Karena ia sadar bahwa setiap yang ia ucapkan didengar oleh Allah dan akan dipertanggungjawabkan kelak di hadapan-Nya. Sehingga ia benar-benar menjauhkan lisannya dari ucapan yang buruk dan sia-sia. Ia berjuang sekuat tenaga untuk berbicara hanya hal-hal yang mengandung kebenaran dan kebaikan, karena ini yang akan membuatnya selamat di dunia dan akhirat.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *