Do’a Meminta Kebaikan Didunia Dan Akhirat

2016-11-18_5-25-00Ada sebuah doa yang disebut dengan doa sapu jagat. Doa ini dinamakan demikian karena di dalamnya mengandung permintaan kebaikan di dunia dan di akhirat. Doa yang melingkupi segala kebaikan.

Doa tersebut berbunyi, “Robbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah wa fil aakhiroti hasanah waqinaa ‘adzaabannaar” yang artinya, “Duhai Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka.” (QS. Al Baqarah [2] : 201)

Doa ini menunjukkan bahwa yang namanya kebaikan dunia itu hanya datang dari Allah SWT. Sedangkan dunia dan akhirat itu tidaklah seimbang. Jika di dunia kita hanya meminta satu kebaikan, maka di akhirat kita meminta dua kebaikan. Pertama, kebaikan berupa surga. Dan kedua, kebaikan berupa dijauhkan dari adzab neraka.

Apakah yang disebut dengan kebaikan di dunia? Kebaikan itu tidak harus selalu identik dengan uang, harta kekayaan, pangkat, jabatan, popularitas. Kebaikan dunia yang kita inginkan janganlah terbayangkan dalam bentuk yang kita sukai saja.

Kebaikan dunia yang sejati kita pinta kepada Allah SWT. adalah hati yang selalu yakin kepada Allah SWT. dan kita diberikan istiqomah dalam menjalankan ketaatan terhadap Allah SWT., menyikapi apapun takdir Allah dengan sikap yang Allah sukai, maka itu adalah kebaikan dunia. Walaupun kejadian itu sakit, pahit, namun bisa menjadikan diri kita lebih dekat dengan Allah, lebih mengenal Allah dan lebih yakin kepada Allah, maka itu adalah kebaikan.

Adapun kebaikan akhirat itu adalah surga. Puncaknya kebaikan di akhirat adalah perjumpaan dengan Allah SWT. Dan, inilah yang harus kita rindukan

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *