Setiap Muslim Wajib Memuliakan Dan Mensucikan Al-Quran

2016-11-22_6-19-49Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT berupa perintah, larangan, dan petunjuk bagi umat manusia serta menjadi sumber utama risalah Islam.

Allah SWT menegaskan, Al-Quran terjaga kemurniannya dan tidak akan ada manusia ataupun jin yang mampu membuat tandingan Al-Quran.

Setiap Muslim wajib memuliakan dan mensucikan al-Quran. Para ulama sepakat bahwa memuliakan dan mensucikan al-Quran adalah wajib. Karenanya, siapa saja kaum Muslim yang menghina Al-Quran, berarti telah melakukan dosa besar, bahkan telah dinyatakan murtad dari Islam.

Nabi Muhammad Rasulullah Saw menegaskan, Al-Qur’an meninggikan derajat satu kaum yang mengimani, mengamalkan, dan membelanya. Sebaliknya, Allah SWT merendahkan derajat kaum yang lain yang melecehkan, mengabaikan, dan menghina Al-Quran.

عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُ قَلَ: قَلَ رَسُوْلُ اللّٰهِ عَلَيْهَ وَسَلَّمَ : اَنّ اللّٰهَ يَرْ فَعُ بِهَذَ الْكِتَابِ أقْوَاماً وَيَضَعُ بِهِ آخَرِيْنَ.

“Dari Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, sesungguhnya Allah mengangkat derajat beberapa kaum dengan Al-Qur’an ini dan merendahkann yang lain dengannya pula.” (H.R. Muslim).

Rasulullah Saw juga menegaskan, yang terbaik di antara kaum Muslim adalah orang yang belajar dan mengajarkan Al-Quran.

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur`an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari).Wallahu a’lam bish-shawabi. (www.risalahislam.com/Sumber: Shahihain — Bukhari & Muslim, Riyadhush Shalihin).

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *