Pola Makan Rasulullah SAW Yang Harus di Teladani

2016-03-10_7-58-17Selain memprioritaskan makanan berlabel halal resmi, kita juga selayaknya memerhatikan komposisi makanan yang kita beli. Apakah banyak mengandung zat yang merusak kesehatan, seperti pengawet, pewarna, penyedap? Sebab, di luar sana, bertebaran pedagang yang tak peduli pada halal atau thayyib-nya makanan yang mereka jual. Kalau bukan kita yang melindungi diri dan keluarga, siapa lagi? 

Pola Makan Rasulullah saw

Walau sibuk luar biasa, Rasulullah saw tidak pernah sakit, kecuali menjelang wafatnya. Ditinjau dari berbagai hadits, hal ini dipengaruhi pola makan beliau, yaitu:

1. Berdoa sebelum dan sesudah makan. Ini menggambarkan keterikatan nilai-nilai syukur kita kepada Allah.

2. Membiasakan diri makan saat lapar, berhenti sebelum kenyang. Berhenti sebelum kenyang perlu menjadi konsern kita, karena biasanya ini lebih sulit dari yang pertama.

3. Tidak pernah memakan makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas.

4. Mengunyah makanan sebanyak 32 kali, sampai lumat, pelan-pelan, dan dinikmati. Selain membuat porsi makan jadi tidak terlalu banyak, hal ini diakui pula di dunia kedokteran sebagai cara makan yang sehat.

5. Membiasakan puasa. Mengawali hari dengan kurma, buka puasa juga dengan kurma. Kurma yang dimakannya berjumlah ganjil, 3, 5, atau 7.  Saat tidak puasa, pagi hari beliau makan kurma dan minum susu, bukan nasi.

6. Rasulullah saw tak pernah menyusahkan istrinya, apa yang tersedia beliau makan. Ini membuat otak dan emosi terkendali. Biasanya, orang yang kebanyakan makan akan sulit mengendalikan emosi.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *