Cara Makan Rasullah Yang Harus Di Teladani

2016-03-10_7-58-17Berikut adalah cara makan Rasulullah saw. yang wajib kita teladani sehingga menambah kebaikan bagi kita.

1.Membaca basmalah. Berdoalah terlebih dahulu sebelum makan. Jika terlupa dan kemudian teringat ketika sedang makan, tetap berdoa dengan doa, “Bismillahi fii awwalahi wa aakhirihi.” Artinya adalah, “Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya.”

2.Duduk dengan baik, tegap dan tidak bersandar, agar makanan turun dengan sempurna. Rasulullah saw. bersabda “Sesungguhnya aku tidak makan dengan bersandar,” (H.R. Bukhari). Ada tiga cara bersandar, yaitu bersandar pada rusuk, bersila, dan bersandar di atas sesuatu. Jenis pertama menyulitkan makan, karena ia menghalangi aliran makanan secara alami, menghambat kecepatan masuknya makanan ke lambung dan menekan lambung sehingga sulit terbuka untuk makanan. Adapun dua jenis lainnya adalah cara duduk orang-orang sombong yang bertentangan dengan jiwa kehambaan. Dalam hadis Anas radhiallahu ‘anhu, ia berkata, “Saya melihat Rasulullah duduk dengan cara iq’a sambil memakan kurma,” (H.R. Muslim). Maksudnya adalah duduk dengan bertumpu pada dua lutut, seraya memposisikan perut telapak kaki kanan, sebagai bentuk ke tawadhuan kepada Rabbnya. Ini merupakan posisi paling baik saat makan.

3. Jika tidak menyukai sebagian menu makanan yang sudah terhidang dihadapan, cukup makan seperlunya saja yang disukai dan tidak mencela makanan yang tidak disukai tersebut atau cukup dengan hanya duduk diam saja seraya menunggu yang lainnya selesai makan meskipun tidak ikut makan bersama. Karena ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiallhu ‘anhu, “Rasulullah tidak pernah mencela makanan sedeikitpun, jika suka beliau memakannya, jika tidak maka dibiarkannya, tidak memakannya,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

4. Makan dengan tangan kanan. Dari Umar bin Abu Salamah berkata, “Waktu aku masih kecil dan di bawah asuhan Rasulullah saw., tanganku berseliweran dinampan saat makan, maka Rasulullah saw bersabda, ‘Wahai ananda, bacalah bismillah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu.’ Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu,” (H.R. Bukhari). Pada hadis lain Rasulullah saw. bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian makan hendaklah makan dengan tangan kanannya dan jika minum hendaklah dengan tangan kanannya karena sesungguhnya setan makan dengan tangan kiri dan minum dengan tangan kirinya,” (H.R. Muslim).

5. Bersikap sederhana dan tidak berlebihan ketika makan.

6. Memulai makan dari hidangan atau porsi yang terdekat.

7. Tidak memenuhi mulut dengan makanan yang terlalu banyak.

8. Tidak minum sebelum makan selesai.

9. Tidak banyak bicara ketika sedang makan.

10. Membersihkan makanan yang tersisa di jari-jari tangan ketika selesai makan. Rasulullah saw. bersabda, “Jika salah seorang dari kalian makan, maka janganlah ia membersihkan tangannya sebelumn ia menjilatinya,” (H.R. Muttaafaqun ‘alaihi).

Setelah makan selesai membaca hamdalah, “Alhamdulillahi Rabbil ‘aalamin.”

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *