Nasihat Rasulullah SAW mengatasi Rasa Resah Dan Gelisah

2016-03-20_0-39-11

Bagi yang sedang resah-gelisah gundah-gulana, Islam menunjukkan jalan menuju tiga tempat penentram batin penyejuk jiwa.
Suatu ketika seseorang datang kepada Ibnu Mas’ud ra, salah seorang sahabat utama Rasulullah Saw. Kepadanya, orang tersebut mengungkapkan kegelisahan jiwanya dan keinginan untuk mendapatkan kedamaian serta ketentraman jiwa.

”Wahai Ibnu Mas’ud, nasihatilah aku dan berilah obat bagi jiwaku yang gelisah ini. Hari-hariku penuh dengan perasaan tak tenteram, jiwaku gelisah, dan pikiranku kusut. Makan tak enak, tidur pun tak nyenyak,” kata orang tersebut.

Ibnu Mas’ud menjawab, ”Kalau penyakit itu yang menimpamu, maka bawalah hatimu mengunjungi tiga tempat. Pertama, tempat orang membaca Alquran. Engkau baca Alquran atau engkau dengar baik-baik orang yang membacanya. Atau tempat kedua, engkau pergi kemajelis pengajian yang mengingatkan hatimu kepada Allah. Atau tempat ketiga, engkau cariwaktu dan tempat yang sunyi, di sana engkau berkhalwat menyembah Allah. Bisa kau lakukan di tengah malam buta, di saat orang tengah tidur lelap, engkau bangun mengerjakan shalat malam, meminta dan memohon kepada Allah ketenangan jiwa, ketenteraman pikiran, dan kemurnian hati. Seandainya hatimu belum terobati dengan cara ini, maka mintalah engkau kepada Allah hati yang baru, sebab hati yang kamu pakai itu, bukan lagi hatimu.”

Nasihat sahabat Nabi Saw itu segera dilaksanakan orang tersebut. Sesampainya di rumah, segera ia berwudhu kemudian diambilnya Al-Quran dan dibacanya dengan khusyuk.

Selesai membaca, ia segera dapati hatinya memperoleh ketenteraman, dan jiwanya pun tenang. Pikirannya segar kembali, hidupnya terasa bergairah kembali. Padahal, ia baru melaksanakan satu dari tiga nasihat yang disampaikan sahabat Rasulullah Saw tersebut.

Kegelisahan datang dari rasa cemas, rakut, atau perasaan tidak menentu. Kaum mukmin punya cara tersendiri untuk mengatasi kegelisahan hatinya, yaitu lebih dekat kepada Allah SWT Sang Maha Penghapus Kegelisahan.

Tempat dibacakan Al-Quran dan majelis pengajian adalah tempat-tempat yang akan mendekatkan diri pada Allah SWT. Rohani kita yang kering akan disirami tausiyah dan kalamullah. Jalan hidup yang terasa gelap akan diterangi dengan cahaya Allah SWT.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *