Agar Hati Lapang Dan Bahagia

2016-03-18_8-30-40Memabaca Al-Qur’an

Banyak membaca Al-Qur’an akan menghadirkan kebahagiaan dalam hidup kita. Termasuk pada kehidupan berkeluarga. Rasulullah saw. bersabda:

“Banyaklah membaca Al-Qur’an di rumah-rumah kalian. Karena rumah yang banyak dibacakan Al-Qur’an akan bertambah banyak kebaikannya, terasa luas bagi penghuninya, dihadiri para malaikat, dan ditinggalkan setan. Sedangkan rumah yang tidak dibacakan Al-Qur’an akan bertambah banyak keburukannya, terasa sempit bagi penghuninya, ditinggalkan para malaikat, dan didatangi setan.” [HR. Abdurrazzaq dan Ibnu Abi Syaibah].

Orang yang ingin kehidupan berkeluarganya bahagia tentu akan berusaha memberi jatah bacaan Al-Qur’annya dilakukan di rumah, hingga keberkahan-keberkahan yang dijanjikan Rasulullah saw. tadi juga dinikmatinya.

Sahabat Abu Hurairah ra. juga berkata, “Rumah yang ada tilawah Al-Qur’annya bagaikan rumah yang memiliki cahaya. Sedangkan rumah yang tidak ada tilawah Al-Qur’annya seperti tempat kotoran.”

Memaafkan Orang Lain

Rasulullah saw. bersabda: “Ada tiga hal kujamin. (Pertama), harta tidak akan berkurang karena disedekahkan. (Kedua), setiap kali orang memaafkan kejahatan orang lain, pasti Allah Ta’ala akan menambahkan kemuliaannya. (Ketiga), setiap kali seseorang membuka pintu meminta-minta kepada orang lain, Allah Ta’ala juga pasti membuka pintu kemiskinan.” [Shahihul Jami’].

Memaafkan kesalahan dan kejahatan orang lain adalah akhlak yang sangat mulia. Sehingga tidak mengherankan jika Allah Ta’ala membalasnya dengan menambahkan kemuliaan. Bertambahnya kemuliaan pastilah disebabkan dari bertambahnya keimanan. Allah Ta’ala akan menambah keimanan orang yang memaafkan orang lain.

وَلْيَعْفُوا وَلْيَصْفَحُوا أَلاَ تُحِبُّونَ أَن يَّغْفِرَ اللهُ لَكُمْ

“Hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu?” [An-Nur: 22].

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *