Berhenti Mengeluh, Mari Bersyukur

2016-03-20_0-39-11Dalam hidup ini kita selalu saja dihadapkan dengan kondisi yang membuat kita lupa untuk bersyukur. Bukan hanya kondisi yang susah, melainkan kondisi yang asyik-asyik juga seringkali membuat kita lalai akan perintah Allah untuk senantiasa bersyukur dalam berbagai kondisi dan situasi. Padahal, perintah itu tercentum jelas dalam Alquran, Surat Ibrahin, Ayat 7.

“Dan, ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu sedikit saja bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu. Namun, jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.’” (Q.S. Ibrahim: 7)

Allah hanya mengatakan bahwa jika sedikit saja kamu bersyukur, niscaya Allah akan menambahkan (nikmat) kepadamu. Jika sedikit bersyukur saja Allah akan menambahkan kenikmatan kepadamu, apalagi jika kamu banyak-banyak bersyukur. Tentunya tak terhingga sekali kenikmatan yang Allah berikan kepada kita.

Kita harus selalu bersyukur kepada Allah.

Allah tidak menyebutkan nama-Nya dalam ayat tersebut, maka jawabannya adalah Ia menghendaki kita untuk bersyukur atas apa pun yang kita miliki saat ini. Kesehatan, harta, orang tua, guru, teman-teman, dan hal yang paling penting adalah bersyukur atas nikmat iman yang Allah berikan pada kita. Selalu bersyukur sebab Allah masih berkenan menjadikan kita sebagai hamba yang beriman kepada-Nya. Insya Allah.

Apa Syukur Itu?

Syukur bukan sekadar mengatakan alhamdulillah Namun, bersyukur juga merupakan suatu sikap, gaya hidup, dan cara berpikir. Menerima kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Menjaga hal yang sudah menjadi milik kita.

Apanya yang akan Allah Tambahkan?

Allah tidak menyebutkan salah satu kenikmatan dalam ayat tersebut. Allah hanya menyebutkan, “Aku akan tambahkan rezekimu,” Ia tidak membatasi pada hal-hal sebagai berikut. “Aku akan tambahkan kesehatanmu, ilmumu, hartamu, dan lain-lain.” Artinya, Allah tidak membatasi sesuatu yang akan Ia tambahkan untukmu. Sebab semua yang kamu miliki saat ini merupakan sebuah kenikmatan jika kita mau memahaminya. Semoga kita selalu paham bahwa nikmat yang Allah berikan itu tak terhingga jumlahnya. Semoga kita tak menjadi orang yang kufur nikmat karena menutup mata atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita, Amin.

berhentilah murung dan pesimis. Berhentilah melihat sisi buruk dari sesuatu. Janganlah terlalu sering mengeluh. Berhentilah mengkritik sesuatu. Jangan suka sinis, hargai orang-orang di sekelilingmu, teman-temanmu, gurumu, orang tuamu, sekolahmu, kesehatanmu, dan fisikmu. Berhenti mengeluh kalau kamu merasa terlalu gemuk, terlalu pendek, ataupun terlalu kurus. Bersyukurlah atas segala sesuatu yang kamu miliki sekarang! Bersyukurlah jika kamu sakit selama seminggu karena sakitmu tidak separah orang lain.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

 

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *