Thibbun Nabawi, Obat Segala Macam Penyakit Paling Ampuh!

Thibbun Nabawi merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu kedokteran yang berfungsi sebagai pengobatan ataupun pencegahan yang disebutkan dalam Al Quran maupun Hadits.

Serangkaian petunjuk Nabi dalam dunia kedokteran yang dengannya beliau melakukan pengobatan dan mengobati orang lain.

Metode penyembuhan yang diucapkan, diakui dan damalkan oleh Rasulullah saw yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit jasad, ruh dan indera.

Istilah Thibbun Nabawi justru sebenarnya tidak dikenal pada masa Nabi. Namun istilah itu baru semerbak ketika Ibnul Qayyim Al Jauzi menyebutnya dalam karyanya yang berjudul, ‘Zaadul Ma’ad.’ Secara garis besar, Ibnu Qayyim membagi Thibbun Nabawi menjadi 3 kelompok besar: Pengobatan menggunakan bahan-bahan alami (natural), Pengobatan menggunakan obat-obatan Ilahi (Petunjuk Ketuhanan) dan pengobatan menggunakan penggabungan dua unsur tersebut. Dalam pembahasan kali ini, ane cuman pengen jelasin poin pertama saja yakni pengobatan menggunakan bahan-bahan alami.

Pengobatan menggunakan bahan-bahan alami yang paling terkenal antara lain dengan media: Kurma, Air Zamzam, Minyak Zaitun dan Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam). Berikut dasar dalil yang menguatkannya:

1. Pengobatan dengan media kurma

“Dari Sahabat Sa’ad mengisahkan, pada suatu hari aku menderita sakit, kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjengukku, beliau meletakkan tangannya di antara kedua putingku, sampai-sampai jantungku merasakan sejuknya tangan beliau. Kemudian beliau bersabda, ‘Sesungguhnya engkau menderita penyakit jantung, temuilah Al-Harits bin Kalidah dari Bani Tsaqif, karena sesungguhnya ia adalah seorang tabib. Dan hendaknya dia [Al-Harits bin Kalidah] mengambil tujuh buah kurma ajwah, kemudian ditumbuh beserta biji-bijinya, kemudian meminumkanmu dengannya.” (HR. Abu Dawud)

“Barangsiapa makan beberapa kurma ajwa di setiap pagi hari, maka racun dan sihir tidak akan mendatangkan mudharat kepadanya pada hari itu hingga malam.” (HR. Bukhori)

2. Pengobatan dengan Air Zamzam

“Air zam-zam adalah obat dari rasa sakit (obat penyakit).” (HR. Abu Daud)

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah membawa air zam-zam dalam botol atau tempat air. Ada orang yang tertimpa sakit, kemudian beliau menyembuhkannya dengan air zam-zam.” (HR. Baihaqi)

3. Pengobatan dengan Minyak Zaitun

“Makanlah kalian buah zaitun, minyak zaitun, dan gunakan menggosok (mengoles) dengan minyak zaitun, sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkahi.” (HR.Tirmidzi dan Ibnu Majah)

“Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya karena sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkahi.” (HR. Baihaqi dan Ibnu Majah)

4. Pengobatan Dengan Madu

“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah ta’ala) bagi orang-orang yang memikirkan.” (An-Nahl: 69)

5. Pengobatan Dengan Habbatus Sauda’

“Sesungguhnya pada habbatussauda’ terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian.” (Muttafaqun ‘alaih)

“Habbatus sauda memiliki sangat banyak manfaat, sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “obat untuk segala macam penyakit”, sebagaimana firman Allah, “Menghancurkan segala sesuatu dengan perintahan Rabb-nya”. Yaitu segala sesuatu yang bisa hancur dan semisalnya. Dan habbatus sauda bermanfaat menyembuhkan segala macam penyakit yang bersifat dingin dan penyakit yang bersifat panas dan kering.” (Ibnul Qayim Al Jauzi)

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *