Cara Praktis Mudah Belajar Membaca Al-Qur’an

Allah SWT tellah menjamin kemudahan untuk mempelajari Al Quran. Kemudahan-kemudahan mempelajari Al Quran dapat dirangkum dalam beberapa Cara Praktis Mudah Belajar Membaca Al-Qur’an pada penjelasan dalam poin-poin berikut.

1. Berniat dengan Ikhlas

Allah SWT berfirman dalam surah Al Bayyinah ayat 5 yang berbunyi :
وَمَا أُمِرُوا إِلا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ  (٥

“Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah, dengan ikhlas menaati-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan juga agar mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar).”

Pada ayat di atas jelas disebutkan bahwa manusia diperintahkan Allah untuk menyembah dan menaati Allah dengan ikhlas. Dalam tafsirnya, ikhlas berarti meniatkan semua ibadah yang tampak maupun tesembunyi karena mengharap ridha Allah dan agar dapat dekat di sisi-Nya. Ketika Allah telah ridho sudah pasti semua rencana dan harapan yang diinginkan akan tercapai.

Selain firman Allah SWT, Rasulullah SAW juga bersabda yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim :

إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan.(HR Bukhari-Muslim)

Dalam hadits di atas dapat diambil kesimpulan bahwa jika kita ingin bisa membaca Al Quran dengan baik maka berniatlah untuk dapat membaca Al Quran dan ikhlas semata-mata hanya mengharap ridha Allah SWT.

2. Mulailah dengan Berdo’a dan berTawakal

Allah berfirman dalam Surah Taha ayat 114 :
فَتَعَالَى اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ وَلا تَعْجَلْ بِالْقُرْآنِ مِنْ قَبْلِ أَنْ يُقْضَى إِلَيْكَ وَحْيُهُ وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا (١١٤
Maka Mahatinggi Allah Raja yang sebenar-benarnya. Dan janganlah engkau (Muhammad) tergesa-gesa membaca Al Qur’an sebelum selesai diwahyukan kepadamu, dan katakanlah, “Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku.”

Dari Firman Allah dalam surat Taha di atas dijelaskan bahwa dalam memulai sesuatu janganlah tergesa-gesa. Pada akhir ayat 114, Allah SWT mengajarkan kepada Rasulullah SAW agar membaca doa yang berbunyi “Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku.” . Dengan doa ini Allah akan memberikan kemudahan dalam mempelajari ilmu yang akan dipelajari.

3. Kerja Keras dan Belajar Cerdas

Allah berfirman dalam Surah Al Ankabut ayat 69 yang berbunyi :
وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ        (٦٩
Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Dan sungguh, Allah beserta orang-orang yang berbuat baik.

Penjelasan dalam ayat diatas yaitu bahwa orang yang layak mendapatkan kebenaran adalah orang yang sungguh-sungguh, dan bahwa orang yang berbuat ihsan dalam melaksanakan perintah Allah, maka Dia akan membantunya serta memudahkan sebab-sebab hidayah. Ayat ini juga menunjukkan, bahwa orang yang bersungguh-sungguh mencari ilmu syar’i, maka dia akan mendapatkan hidayah dan pertolongan dari Allah. Di samping itu, mencari ilmu merupakan salah satu di antara dua jihad, di mana tidak ada yang melakukannya kecuali manusia-manusia pilihan.

4. Belajarlah dengan Hati dan Pergunakan seluruh Potensi

Allah berfirman dalam Surah Al Ankabut ayat 49 yang berbunyi :
لْ هُوَ آيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآيَاتِنَا إِلا الظَّالِمُونَ (٤٩
Sebenarnya, (Al Quran) itu adalah ayat-ayat yang jelas di dalam dada orang-orang yang berilmu. Hanya orang-orang yang zalim yang mengingkari ayat-ayat Kami.

Dalam ayat di atas Allah SWT menyebutkan bahwa ayat-ayat Al Quran ada di dalam dada orang-orang yang berilmu yang menggunakan hati dan seluruh potensi yang dimiliki untuk memahami ayat-ayat Allah. Dengan menggunakan hati dan seluruh potensi maka Al Quran dapat dilihat dengan jelas kebenarannya.

5. Bersabarlah dan Jangan Tergesa-gesa

Allah berfirman dalam Surah Al Qiyamah ayat 16-17 yang berbunyi :
لا تُحَرِّكْ بِهِ لِسَانَكَ لِتَعْجَلَ بِهِ (١٦) إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآنَهُ (١٧)فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُرْآنَهُ (١٨

Jangan engkau (Muhammad) gerakkan lidahmu (untuk membaca Al Quran) karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya. Sesungguhnya Kami yang akan mengumpulkannya (di dadamu) dan membacakannya.

Dalam ayat di atas jelas disebutkan bahwa janganlah membaca dan mempelajari Al Quran dengan tergesa-gesa karena ingin cepat menguasai. Sesungguhnya Allah SWT lah yang menjamin dapat menghapal dan membacanya. Selain itu Allah berfirman dalam Surah Taha ayat 114 untuk mempertegas larangan tergesa-gesa yang berbunyi :
وَلا تَعْجَلْ بِالْقُرْآنِ مِنْ قَبْلِ أَنْ يُقْضَى إِلَيْكَ وَحْيُهُ
Dan janganlah engkau (Muhammad) tergesa-gesa membaca Al Qur’an sebelum selesai diwahyukan kepadamu.

6. Istiqamahkanlah

Allah berfirman dalam Surah Fussilat ayat 30 yang berbunyi :
إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلائِكَةُ أَلا تَخَافُوا وَلا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ (٣٠
Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu.”

Dari ayat diatas dapat dijelaskan bahwa meneguhkan pendirian berarti istiqamah di atas tauhid dan kewajiban lainnya.  Menguhkan pendirian dapat pula diartikan mengakui dan mengatakan dengan ridha bahwa Tuhannya adalah Allah, berserah diri kepada perintah-Nya dan istiqamah di atas jalan yang lurus baik yang berupa ilmu maupun amal, orang-orang yang beristiqamah akan mendapat kabar gembira dalam kehidupan dunia maupun kehidupan akhirat.

InsyaAllah dengan menerapkan Cara Praktis Mudah Belajar Membaca Al-Qur’an di atas, semakin mendekatkan kita pada Allah SWT dan memperoleh keridhaan-Nya sehingga ilmu yang telah kita dapatkan dapat membawa kita kedalam keberuntungan di Dunia maupun di Akhirat.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *