Keutamaan Al-Qur’an dalam Firman Allah

Didalam Al-Qur’an terdapat beberapa ayat yang menyebutkan tentang keutamaan (Fadhilah) Al-Qur’an, membacanya, dan menghafalkannya. Berikut di antara ayat-ayat Allah tentang hal itu :

 Jaminan Pemeliharaan Al-Qur’an

Sesungguhnya Kami-lah yang menurukan Al-Qur’an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. (QS. Al-Hijr : 9)

Ayat ini memberikan jaminan tentang kesucian dan kemurnian Al-Qur’an selama-lamanya.

 

Tidak ada kontradiksi di dalamnya

Maka apakah mereka tidak memerhatikan Al-Qur’an? Kalau kiranya Al-Qur’an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak didalamnya. (QS. An-Nisa : 82)

Tantangan buat para peragu

Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan Al-Qur’an yang kami wahyukan kepada hamba kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al-Qur’an dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. (QS. Al-Baqarah : 23)

Ayat ini merupakan tantangan bagi mereka yang meragukan kebenaran Al-Qur’an untuk membuat satusurat seperti AL-Qur’an. Sungguh, mereka tidak akan sanggup untuk membuatnya walaupun dengan mengerahkan semua ahli sastra dan Bahasa karena ia merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW.

 

Sebagai petunjuk dan rahmat

Dan sesungguhnya kami telah mendatangkan sebuah kitab (Al-Qur’an) kepada mereka yang kami telah menjelaskannya atas dasar pengetahuan kami, menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS. Al-Araf : 52)

“Pengetahuan kami” maksudnya : atas dasar pengetahuan kami tentang apa yang menjadi kemaslahatan bagi hamba-hamba kami di dunia dan akhirat.

 

Penerangan, petunjuk, dan pelajaran bagi manusia

(Al-Qur’an) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. (QS. Ali Imran : 138)

 

Perkataan terbaik

Dan apabila dibacakan Al-Qur’an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat. (Qs. Al-Araf : 204)

Maksudnya : jika dibacakan Al-Qur’an kita diwajibkan mendengar dan memerhatikan sambil berdiam diri, baik dalam shalat ataupun diluar shalat, terkecuali dalam shalat berjama’ah_menurut mazhab syafi’i_makmum boleh membaca al-Fatihah sendiri sewaktu imam membaca ayat-ayat Al-Qur’an.

 

Sumber ketenangan hati

(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS. Ar-Ra’d : 28)

 

Obat yang manjur

Dan kami turukan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. (QS. Al-Israa : 82)

 

Jalan keluar dari Fitnah

Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (Dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus. (QS. Al-Maidah : 16)

 

Mensucikan jiwa manusia

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Qur’an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (Perbuatan-perbatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (Shalat) adalah lebih besar (Keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Ankabut : 45)

 

Anjuran untuk membaca, menghafal, dan mengaplikasikan Al-Qur’an

Orang-orang yang telah kami berikan Al-Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barang siapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang ynag rugi. (QS. Al-Qiyamah : 121)

Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk (membaca) Al-Quran karena hendak cepat-cepat (menguasai) nya. Sesungguhnya atas tanggungan kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya, maka ikutilah bacaannya itu. (QS. Al-Qiyamah : 16 – 18)

 

Anugerah Bagi para pembaca Al-Qur’an

Sesungguhya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. (QS. Fathir : 29)

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *