Belajar Al-Qur’an Itu Mudah

Ada yang bilang, baca Qur’an itu susah. Harus mengerti kaidah, aturan, hukum tajwid, salah baca kata bisa berdosa karena menyebabkan arti yang berbeda, dan sebagainya. Benarkah demikian?

Memang ada benarnya, namun jangan sampai hal-hal tersebut menyebabkan orang jadi enggan terhadap Al-Qur’an. Padahal, sebenarnya Al-Qur’an mudah untuk dipelajari, seperti firman Allah dalam surat Al-Qamar yang artinya :

“Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?” (QS. Al-Qamar : 17)

Adakah orang yang mau mengambil pelajaran? Empat kali Allah mengulangnya dalam surat Al-Qamar; yaitu ayat 17, ayat 22, ayat 32, dan ayat 40. Kamu kah orang yang mengambil pelajaran itu?

Dalam surat Al-Israa’ juga disebutkan :

“Dan sungguh, dalam Al-Qur’an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (peringatan) itu hanya menambah mereka lari (dari kebenaran)” (QS. Al-Israa’ : 41)

Allah telah menjelaskan dalam Al-Qur’an secara berulang-ulang agar kita selalu ingat. Mengapa demikian? Karena sudah sifat manusia yang pelupa, maka perlu diingatkan berulang kali.

Sebenarnya, Allah memudahkan Al-Qur’an agar mudah dipelajari oleh manusia. Hal ini seperti yang tertuang dalam Al-Quran surat Maryam ayat 97 yang artinya :

“Maka sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran itu dengan bahasamu, agar kamu dapat memberi kabar gembira dengan Al Quran itu kepada orang-orang yang bertakwa, dan agar kamu memberi peringatan dengannya kepada kaum yang membangkang.” (QS. Maryam : 97)

Tertulis dalam Al-Qur’an “Kami mudahkan Al-Qur’an dengan bahasamu”, bahasa Arab. Meski bukan orang Arab, setidaknya bahasa Arab masih bahasa manusia kan? Bagaimana kalau Al-Qur’an diciptakan menggunakan bahasa semut? Ada yang bisa terjemahkan ke bahasa manusia?

Lalu, bagaimana kita bisa memahami isi Al-Qur’an? Bisa kita simak pada surat Al-Imran ayat 79 yang artinya :

“Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, hikmah dan kenabian, lalu dia berkata kepada manusia: “Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah”. Akan tetapi (dia berkata): “Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.” (QS. Al-Imran : 79)

Batu yang keras namun terus tertetes air, lama-lama akan bolong juga kan? Begitupun dengan Al-Qur’an. Jika kita tetap mempelajarinya, suatu saat kita pasti akan mengerti Al-Qur’an.

Terakhir, yang membuat kita seharusnya tidak menyerah ketika mempelajari Al-Qur’an, dapat kita lihat pada surat Al-Kahfi ayat pertama, yang artinya :

“Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan Kitab Al-Qur’an kepada hamba-Nya dan Dia tidak menjadikannya bengkok” (QS. Al-Kahfi : 1).

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Rumah Kurma Sahara.
Silahkan berbelanja kurma di Rumah Kurma Sahara, Butuh perlengkapan haji? Ingat Toko Rumah Kurma Sahara!
Jalan Raya Semplak Atang Sandjaja No. 224
Bogor Barat – Kota Bogor
Customer Care : 0821-1141-8832 | 0878-7386-0559
Delivery : 0859-2512-6067
WA | PIN BB : 0878-7386-0559 | DA7A086

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *